POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Nanas lebih tinggi dari jeruk

Nanas lebih tinggi dari jeruk

Asupan gula berlebih meningkatkan kemungkinan makan terlalu banyak kalori, yang pada gilirannya meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Kondisi ini terkait langsung dengan penyakit tidak menular termasuk penyakit kardiovaskular, kanker dan diabetes.

Mengurangi gula adalah hal utama dan utama di benak konsumen, produsen makanan dan minuman, dan pembuat kebijakan. Namun, konsumsi di negara barat masih melebihi pedoman diet.

Untuk pembuat makanan dan minuman, seperti Dole Packaged Foods yang berbasis di AS, mengurangi gula merupakan tantangan nyata. “Ini mungkin terdengar mudah, dan konsumen menginginkannya… tetapi Anda tidak bisa hanya mengambil smoothie, menghilangkan gulanya, dan memberikannya kepada mereka,” jelas Dr. Lara Ramdin, Direktur Inovasi Dole Sunshine.

Ini karena gula memberikan lebih dari sekedar rasa manis. “Ini juga memberikan rasa, tekstur, dan kepuasan di mulut,” Dia memberi tahu para delegasi di OurCrowd Global Investor Summit baru-baru ini di Yerusalem.

Dole telah menetapkan tantangan untuk mengurangi gula dalam jus nanas dan sedang mencari inovator luar untuk bereksperimen dengan teknik yang berbeda. Salah satu teknologi tersebut berasal dari perusahaan Israel BlueTree Technologies.

“Kami tidak menambahkan apa pun, itu hanya penghilangan gula.”

BlueTree didirikan oleh Didier Toubia – salah satu pendiri dan CEO startup daging A Thousand Farmers – dan Yuval Klein pada tahun 2020.

Tidak seperti banyak solusi pengurangan gula di pasaran, BlueTree tidak menambahkan apa pun ke dalam formulasi produk – hanya berfokus pada penghilangan gula. “Kami melompat ke dalam jus atau susu, kami mengeluarkan gula, dan kami keluar. Ini teknik yang sangat sederhana dan sangat menarik,” katanya. Co-CEO Michael Gordon mengatakan kepada FoodNavigator dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

READ  Investor bersinar di sektor teknologi domestik

Pendekatan BlueTree memanfaatkan teknologi filtrasi dan penyerapan. Namun alih-alih menyaring semua bagian molekul gula, startup hanya menghilangkan gula. Ketika monosakarida tertinggal dalam gula, rasa manis, aroma, dan rasa gula di mulut tetap terjaga, kita diberi tahu.

Teknik ini dapat diterapkan pada produk susu, bir, dan jus buah seperti pada kasus Dole. Berapa banyak gula yang dapat dikurangi tergantung pada aplikasinya, tetapi di laboratorium BlueTree mencapai hampir 75% pengurangan gula dalam susu. Mengurangi jus jeruk lebih dari 30%, kata perusahaan, konsumen akan mulai memperhatikan.

“Kami biasanya berhenti dengan diskon 30%,” katanya. Gordon mengungkapkan, mencatat bahwa pengurangan 20-30% di “sebagian besar” negara dan wilayah akan cukup bagi perusahaan untuk menghindari pajak terkait gula.

Karena Dole memiliki rangkaian produk makanan dan minuman yang mapan dalam portofolionya, teknologi pengurang gula yang mengklaim dapat memecahkan masalah penerimaan teknis dan konsumen yang terkait dengan misi tersebut merupakan proposisi yang menarik.

Ramdin menjelaskan bahwa memulai proof-of-concept (PoC) dengan BlueTree, seperti startup lainnya, harus menjadi situasi win-win. Itu harus menjadi kemitraan yang setara. Seharusnya bukan perusahaan dan startup, itu harus setara.

Tantangan terbesar yang dihadapi proyek PoC

Keputusan untuk bekerja dengan BlueTree dipicu oleh sampel jus jeruk rendah gula yang dikirimkan oleh startup kepada Dole. Perusahaan-perusahaan tersebut sekarang berada pada tahap paling awal untuk mengurangi gula dalam jus nanas Dole — sebuah proyek yang bisa jadi lebih menantang daripada mengurangi gula dalam jus jeruk.

“Saya pikir jus nanas memberi nilai lebih tinggi dalam hal rasa, tekstur, dan penampilan daripada jeruk,” katanya. kata dr Ramdin. Nanas secara alami memiliki kandungan gula yang lebih tinggi daripada jeruk (8,4% dalam jus jeruk dibandingkan dengan 10% dalam jus nanas), yang merupakan tantangan teknis sejak awal.

READ  Yamaha TMAX 560 Tech Max: Desain Scotch-Matic Bungsor yang Agresif

Dari sisi konsumen, hal ini berarti ekspektasi rasa manis pada jus nanas juga akan semakin tinggi. “Mencapai keseimbangan yang tepat antara manis dan asam, serta membuat mulut terdengar enak, merupakan tantangan teknis,” katanya. kata dr Ramdin.

Padahal, memastikan produknya enak adalah tantangan pertama, tegas Gordon. Jika ini tidak tercapai, PoC tidak akan mencapai tujuannya. Tapi itu bukan satu-satunya tantangan bagi BlueTree selama beberapa bulan ke depan. Startup juga perlu memastikan bahwa model bisnisnya layak secara ekonomi bagi produsen makanan dan minuman.

“Di BlueTree, kami memiliki model bisnis di mana semakin banyak kami bekerja sama, semakin sedikit yang kami lakukan [the manufacturer] Bayar untuk layanan kami. sedang mencari, [for us] Ini adalah hubungan jangka panjang. Ini bukan hanya satu kesepakatan, ini adalah hubungan jangka panjang dan kami harus membangunnya [our business model] Untuk ini.”

Biaya juga menjadi pertimbangan utama bagi Dole yang, sebagai merek dengan nilai pasar yang luas, telah berkomitmen untuk menyediakan nutrisi yang mudah diakses. “Saat kami melihat kemampuan baru dan teknologi baru, rencana kami bukanlah membebankan biaya tersebut kepada konsumen.”

Ini berarti bahwa saat mengembangkan jus rendah gula, Dole menginginkannya sama mahalnya dengan jus tradisionalnya. “Inovasi dalam model bisnis akan menjadi lebih penting [moving forward]. “

Tujuan BlueTree? untuk mengesankan negara

Pada tahap pra-komersial, Dole diharapkan untuk menguji coba teknologi khusus gula BlueTree. “Kami mungkin melihat dua hingga tiga jenis teknologi berbeda dan mengelola PoC dengan semuanya,” ungkap dr Ramdin.

“Penting juga untuk dipahami bahwa mungkin ada daftar kriteria rasa, fungsi, biaya dan kelayakan pembuatan. [the PoC] Itu tidak mencentang semua kotak di akhir PoC, tapi saya pikir kami berdua sudah sangat transparan tentang itu sejak awal.”

READ  Lima hal yang perlu diketahui: Virginia Tech vs. Wake Forest University

Dari perspektif BlueTree, tujuannya jelas: meyakinkan Dole bahwa teknologinya adalah pemimpin pasar. “Kami yakin dapat meyakinkan Anda bahwa solusi kami adalah solusi terbaik untuk Dole,” Gordon berkata kepada Dr. Ramdin.