POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mudik 2023 relatif konsisten: Gubernur Jabar

Mudik 2023 relatif konsisten: Gubernur Jabar

Bandung, Jawa Barat (Antara) – Gubernur Jawa Barat Ritwan Kamil mengatakan arus mudik di Jawa Barat pada 2023 relatif lancar karena adanya tiga ruas tol baru, yakni Tol Silayuni Sumedang Dauan (Sisumdawu), Tol Bosimi, dan Tol Jabek II.

Jumlah orang yang pulang naik 44 persen, dari 80 juta menjadi sekitar 120 juta orang, katanya usai menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Raya Al Abar, Sabtu.

Kendati demikian, dia memastikan arus mudik di Jabar relatif lancar.

Kemudian, dia berterima kasih kepada para pekerja yang terus berupaya untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan kelancaran Idul Fitri.

“Saya berterima kasih kepada para pekerja yang tidak mudik namun mengamankan kelancaran mudik di masing-masing posko dengan tugasnya masing-masing,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan selamat Idul Fitri kepada para jurnalis yang harus bekerja hari ini, dan ia berharap tugas mereka membuahkan hasil.

Hari ini, Kamil dan istrinya melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Raya Al Jabbar di sini.

Antusiasme masyarakat semakin tinggi sejak salat Idul Fitri dibuka untuk umum di Masjid Raya Al Jabbar yang menjadi masjid kebanggaan warga Jabar.

Sekitar pukul 05.30 WIB, masyarakat mulai berkumpul di area alun-alun masjid menuju tempat parkir.

Kamil mengatakan, salat Ied perdana di Masjid Raya Al Jabbar merupakan peristiwa bersejarah. Sholat Idul Fitri tahun depan juga bisa dilaksanakan di Masjid Raya Al Jabbar.

“Ini peristiwa bersejarah dan bisa menjadi tradisi karena suasananya bagus, stadion besar dan orang bisa jalan-jalan setelahnya,” katanya.

BERITA TERKAIT: Perayaan Idul Fitri berjalan lancar di Jawa Timur: Gubernur
Berita terkait: Gubernur Papua ajak masyarakat tingkatkan toleransi, persaudaraan

READ  Jagarnawal kembali setelah jeda pandemi selama 2 tahun di Angola