POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Monique Kieran: Waktu teknologi lebih akurat – mungkin terlalu akurat

Terkesiap: “19:43. Kamu?”

Aku memeriksa ponselku. “18:01. Terasa lambat juga.”

Nature Boy dan saya mendaki Churchill Road ke puncak Gunung Douglas untuk berolahraga. Saya telah melakukan perjalanan ini cukup sering selama bertahun-tahun.

Dan di awal tahun-tahun itu, saya telah membuat standar kasar tentang berapa lama waktu yang saya perlukan untuk menuruni jalan terjal sepanjang 1,5 kilometer.

Perangkat penunjuk waktu pada saat itu adalah jam tangan – kuno, dengan jarum menit dan detik, yang cenderung hilang sekitar satu menit dalam seminggu atau lebih. Itu tidak disinkronkan secara otomatis, dengan 99 persen jam tangan lain, dengan Jam Apple, Google, atau Samsung Hebat yang sekarang tampaknya menjalankan hidup kita dan dunia. Jam tangan itu tidak ada saat itu.

Oleh karena itu, norma adalah perkiraan. Menurut jarum menit di arloji saya yang terlambat, butuh 17-18 menit untuk mengisi daya, berjalan, berjalan, dan menyeret diri saya dari tempat parkir bawah ke tempat parkir puncak.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa akurasi ketepatan waktu dan tindakan lain yang kita anggap remeh hanya berumur satu generasi. Teknologi telah mengubah cara kita menghadapi waktu, jarak, dan banyak lagi.

Sekarang, ketika seseorang mendikte waktu atau tempat, itu tidak dapat disangkal waktu atau tempat. Ini bukan waktu yang dibutuhkan lima atau sepuluh menit. Bukan tempat ini – “Aku akan mencarimu”.

Kami mungkin mengalokasikan selebaran untuk kesulitan menemukan tempat parkir, tetapi jika seseorang terlambat beberapa menit untuk minum kopi atau rapat, ini harus dicatat dalam buku tabungan oleh mereka yang datang sebelum atau tepat waktu untuk teknologi.

Saya ingat bertemu dengan pensiunan kapten Korps Marinir pada tahun 2004—tiga tahun sebelum iPhone, ketika Blackberry masih seperti itu. Saya telah mengatur untuk bertemu dengannya di rumahnya pada pukul sepuluh pagi, dan memeriksa jam saya yang sedikit tertinggal – jam yang sama yang telah memasok saya dengan Anjing Gunung standar – ketika saya berjalan menaiki tangga ke pintunya: 9 :58. Tetapi ketika dia membuka pintu dan saya akan mengetuk, dia memberi tahu saya bahwa saya terlambat 2 menit 21 detik.

READ  Pendiri Indiaspora Rangaswamy mengatakan bahwa membawa lebih banyak wanita ke sektor teknologi adalah tantangannya

Aku yakin dia sedang bercanda.

Aku tertawa, “Mungkin kita seharusnya menyinkronkan jam.”

Hari-hari ini, kita semua sinkron, dan kita semua mengharapkan kecepatan dan akurasi seperti militer.

Kapten yang sudah lama pensiun akan menghadapi perhitungan yang sama berbeda ketika bekerja di kapal tempat dia menghabiskan karirnya. Sampai teknologi satelit menggantikannya, grafik terbaik dari banyak wilayah lautan di dunia sudah ketinggalan zaman.

Teman-teman yang berlayar dari Vancouver ke Australia melintasi Pasifik Selatan membawa peta perjalanan mereka yang merupakan salinan dari peta yang dibuat oleh James Cook dan krunya pada akhir abad ke-18. Selama berabad-abad sejak Cook, orang-orang yang menavigasi perairan tersebut telah menyadari bahwa grafik cukup detail, andal, dan…yah, perkiraan. Jika sebuah atol ditandai, katakanlah, pada garis lintang dan garis bujur ini dan itu, para navigator yang bijaksana akan mulai menjauhkan arloji… karena Anda tidak pernah tahu.

Sampai GPS dan citra satelit memungkinkan grafik diperbarui dan memungkinkan geolokasi waktu nyata, dengan asumsi koordinat yang akurat di laut lepas berisiko. (Ini mungkin masih berisiko.)

Sekarang saya maju di Mount Dog ke waktu teknologi, bukan waktu fitur timex yang cukup dekat dengan cara kuno. Tapi standar (kasar) yang ditetapkan bertahun-tahun lalu ini masih berlaku.

Dan perbandingan waktu teknologi dan waktu jam tangan, bersama dengan efek dari tahun-tahun berikutnya, tidak terlihat bagus. Sekarang saya tahu persis berapa menit, detik, atau seperseratus detik waktu terlama (atau terpendek) yang saya lakukan untuk mendaki bukit setiap hari. Jika stopwatch di ponsel saya mengatakan sesuatu yang dimulai dengan “17:…” atau kurang, itu hari yang baik. Jika tertulis “18:…,” meskipun “18:01:…,” saya merasa seperti tidak mengukur.

READ  Pengusaha remaja di Seattle menjual startup teknologi kesehatan mereka dan mengambil cuti dari perguruan tinggi

Dan mengatakan pada diri sendiri bahwa waktu Timex dan waktu ponsel cerdas adalah dua cara yang sama sekali berbeda untuk melihat dunia tidak masalah.

Perbedaannya kira-kira 17-18 menit dari Timex 15 tahun lalu dan 18:01 menit untuk smartphone minggu lalu.

[email protected]

© Hak Cipta The Times Colonists