POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mitra dagang terbesar Amerika Serikat dan Rusia

Sejarah sanksi AS baru-baru ini terhadap Rusia

Ketika konfrontasi militer langsung tidak dapat dilakukan, bagaimana seharusnya negara-negara menanggapi tindakan agresi eksternal?

satu taktik Hukuman, yang menerapkan pembatasan ekonomi pada pemerintah, bisnis, dan bahkan warga negara suatu negara. Secara teori, sanksi ini menciptakan efek yang cukup untuk mencegah permusuhan lebih lanjut.

Saat ini, Amerika Serikat menjatuhkan lebih banyak sanksi daripada negara lain, dan salah satu program paling komprehensifnya menargetkan Rusia. Untuk mempelajari lebih lanjut, kami menyusun ikhtisar hukuman ini menggunakan data dari Layanan Penelitian Kongres Dan Departemen Keuangan AS.

Penalti berdasarkan event Catalyst

Sanksi sering dijatuhkan setelah presiden mengeluarkan Executive Order (EO) yang menyatakan keadaan darurat nasional. Ini memberikan kekuatan khusus untuk mengatur perdagangan dengan negara agresor.

Titik awal kami adalah invasi Rusia ke Ukraina tahun 2014, di mana sebagian besar sanksi yang sedang berlangsung berasal.

Katalis: Invasi Ukraina 2014

Pada 18 Maret 2014, Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina. Amerika Serikat dan sekutunya mengecam ini, mendorong mereka untuk menjatuhkan sanksi yang luas. Perintah Presiden Obama tercantum di bawah ini.

Perintah eksekutif (EO) Tanggal penalti tujuan
S.F. 13660 Maret 2014 Menargetkan mereka yang bertanggung jawab untuk merusak demokrasi di Ukraina
EO 13661 Maret 2014 Menargetkan pejabat Rusia yang bekerja di sektor senjata
EO 13662 Maret 2014 Menargetkan mereka yang beroperasi di sektor keuangan, energi, dan pertahanan di Rusia
EO 13685 Desember 2014 Bisnis AS dilarang di Krimea yang diduduki

Secara keseluruhan, sanksi ini berdampak 480 Entitas (termasuk perusahaan dan lembaga pemerintah), 253 sendiri, 7 kapal dan 3 Pesawat.

Sanksi pada kapal dan pesawat mungkin tampak aneh, tetapi aset ini sering dimiliki oleh entitas yang terkena sanksi. Misalnya, pada Februari 2022, Prancis menyita sebuah kapal kargo Itu milik bank Rusia yang dikenakan sanksi.

READ  China Menghukum Lebih dari 600.000 Pejabat pada 2021 Di Tengah Tindakan Pencegahan Korupsi Xi

Katalisator: campur tangan dalam pemilihan AS

Pemerintahan Obama, Trump, dan Biden semuanya telah menjatuhkan sanksi kepada Rusia karena aktivitas sibernya yang berbahaya.

Perintah eksekutif (EO) Tanggal penalti tujuan
S 13757 Desember 2016 Menargetkan mereka yang bertujuan untuk campur tangan
Dengan proses pemilihan
Perintah Eksekutif 13848 September 2018 Ditujukan untuk mereka yang pernah berkecimpung di luar negeri
Mengganggu pemilihan AS
Perintah Eksekutif 13849 September 2018 Memperluas cakupan hukuman sebelumnya
s. Q 14024 April 2021 Menargetkan mereka yang terlibat dalam aktivitas cyber berbahaya
Atas nama pemerintah Rusia

Secara keseluruhan, sanksi ini berdampak 106 menggoda, 136 sendiri, 6 pesawat dan 2 peralatan. Tujuan kritisnya adalah Badan Riset Internet (IRA)sebuah perusahaan Rusia yang dikenal dengan operasi pengaruh Internetnya.

Sebelum pemilihan 2016, 3.000 iklan yang disponsori IRA menjangkau sebanyak 10 juta orang Amerika di Facebook. Masalah ini meningkat menjelang pemilihan 2020, dengan 140 juta orang Amerika terkena propaganda bulanan.

Katalisator: berbagai kesepakatan geopolitik

Amerika Serikat memberlakukan berbagai sanksi yang ditujukan untuk melawan pengaruh Rusia di Suriah, Venezuela, dan Korea Utara.

Perintah eksekutif (EO) Tanggal Penalti * tujuan
S.F.13582 Januari 2018,
Nopember 2018,
September 2019
Menargetkan mereka yang memberikan dukungan keuangan
untuk pemerintah Suriah
Perintah Eksekutif 13850 Maret 2019
Maret 2020
Januari 2021
Menargetkan lembaga keuangan yang memberikan dukungan
untuk pemerintah Venezuela
Perintah Eksekutif 13810 Agustus 2018,
September 2018
Ditargetkan pada mereka yang sangat terlibat
Transaksi dengan Korea Utara
EO 13382 Juni 2019
Januari 2022
Ditujukan untuk mereka yang berkontribusi pada penyebaran
senjata pemusnah massal
Q.13722 November 2020 Ditujukan untuk pedagang bahan mentah atau perangkat lunak
dengan pemerintah Korea Utara
READ  Menteri Pertahanan AS bertemu rekannya dari China di Kamboja

* Ini adalah sanksi baru-baru ini di bawah perintah asing yang dikeluarkan bertahun-tahun yang lalu. Misalnya, EO 13582 diperkenalkan pada Agustus 2011.

Efek dari sanksi ini 23 tujuan, 17 individu dan 7 peralatan. Sertakan entitas tertentu Rosoboronexportpengekspor senjata milik negara yang telah dikenai sanksi karena memasok pemerintah Suriah.

Pada Desember 2020, pemerintah Suriah Bertanggung jawab atas kematian 156.329 orang (Warga Sipil dan Kombatan) dalam Perang Saudara.

Katalis: keracunan kimia individu

Pemerintah Rusia telah dituduh meracuni dua orang dalam beberapa tahun terakhir.

Kecelakaan pertama terlibat Sergei Skripal, mantan perwira intelijen Rusia yang diduga diracun pada Maret 2018 di wilayah Inggris Raya. Kedua, Alexei Navalnyseorang pemimpin oposisi Rusia, diduga diracun pada Agustus 2020.

Undang-Undang Pengendalian Senjata Kimia dan Biologis dan Pemberantasan Perang tahun 1991 (Undang-Undang Senjata Kimia dan Biologis) mengizinkan sanksi terhadap pemerintah asing yang menggunakan senjata kimia. Sembilan individu dan lima entitas dihukum sebagai akibat dari dua kasus tersebut.

Katalis: Invasi Ukraina 2022

Amerika Serikat memberlakukan lebih banyak sanksi sebagai tanggapan atas invasi Rusia baru-baru ini ke Ukraina.

s. Q 14024Dirilis pada Februari 2022, ini menargetkan lembaga keuangan utama Rusia dan anak perusahaan mereka (total 83 entitas). Termasuk dalam daftar ini adalah dua bank terbesar di negara ini, Sberbank Dan VTB .Bank. Bersama-sama, mereka memiliki lebih dari setengah dari semua aset perbankan Rusia.

Tiga belas perusahaan swasta dan milik negara yang dianggap penting bagi perekonomian Rusia juga menjadi sasaran. Termasuk dalam 13 ini adalah Rostelecompenyedia layanan digital terbesar di Rusia, dan AlrosaPerusahaan tambang berlian terbesar di dunia.

Apakah sanksi itu efektif?

Mustahil untuk membuktikan bahwa hukuman semata-mata bertanggung jawab atas suatu hasil, meskipun ada beberapa keberhasilan di masa lalu. Misalnya, banyak yang setuju bahwa sanksi memainkan peran penting dalam mengakhiri Libya Senjata pemusnah massal perangkat lunak.

READ  Langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu menyelamatkan hutan hujan

Kritikus sanksi berpendapat bahwa memaksakan kesulitan ekonomi pada suatu negara dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Salah satunya adalah menjauh dari sistem keuangan AS.

Tidak ada alternatif selain dolar dan tidak ada pasar ekspor yang menarik seperti Amerika Serikat. Tetapi jika Washington terus memaksa negara-negara lain untuk mengikuti kebijakan yang dianggap ilegal dan tidak bijaksana… kemungkinan akan berpaling dari ekonomi dan sistem keuangan AS.
Jacob J. Law, mantan Menteri Keuangan

Dengan kata lain, sanksi dapat menimbulkan efek selama Dolar Amerika terus memerintah.