POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Zulqibli Hasan mengatakan proses TikTok Shop dipersilakan untuk perizinan

Tempo.co, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan menginformasikan bahwa TikTok Shop akan dibuka kembali pada 10 November 2023. Di X (sebelumnya Twitter), netizen ramai membicarakan rumor tersebut.

Zulkifli mengatakan kementeriannya menyambut baik TikTok Shop dapat beroperasi kembali di Indonesia dengan syarat melengkapi proses perizinan yang diwajibkan pemerintah.

“Kalau mereka mau izin, silakan saja. Kami tidak melarang,” kata Sulhas usai mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jumat, 13 Oktober.

Sulhas menjelaskan, izin yang dimaksud adalah izin e-commerce. Pasalnya selama ini TikTok hanya diperbolehkan sebagai bisnis sosial. Namun belum mengantongi izin e-commerce dari Kementerian Perdagangan.

“Kami terbuka. Tapi kami sudah mengaturnya. Kalau begitu [TikTok] E-commerce mau mengajukan izin, akan ada aturan untuk makanan, minuman, obat-obatan, bubuk dan lain-lain, juga harus izin dari PPOM, ”ujarnya.

TikTok Shop, salah satu fitur yang ada di TikTok, resmi berhenti berfungsi di Indonesia pada 4 Oktober.

Penutupan tersebut menyusul kebijakan pemerintah yang melarang media sosial beroperasi sebagai e-commerce yang menawarkan layanan jual beli. Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023.

Sementara itu, pihak TikTok belum mengeluarkan pernyataan apa pun untuk mengklarifikasi isu Tiktok Shop kembali tersedia di Indonesia.

Tempo.co

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  Penilaian NEED pascabencana adalah kunci pemulihan infeksi