POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri: Upaya hilirisasi akan membantu mendongkrak produksi rumput laut

Menteri: Upaya hilirisasi akan membantu mendongkrak produksi rumput laut

Jakarta (Antara) – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trengono menegaskan kesiapan pemerintah menggenjot produktivitas budidaya rumput laut sebagai salah satu produk hilir ekspor perikanan unggulan Indonesia.

“Potensi pasarnya besar. Makanya, kami akan terus menggenjot produksinya. Salah satunya dengan memberdayakan daerah yang memiliki potensi besar. Desa rumput laut Mammulu salah satu contohnya,” kata Trengono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat. .

Berdasarkan data yang diberikan oleh ITC Trademap 2023, total nilai pasar rumput laut global pada tahun 2021 adalah USD 2,8 miliar. Sementara itu, Indonesia menyumbang 355 juta dolar AS di pasar global, atau 12,32 persen dari nilai pasar rumput laut dunia, meningkat 23 persen dibandingkan tahun 2020.

Untuk mendorong hilirisasi, dia memastikan kementerian telah menetapkan Desa Mamulu, sebelah selatan Nonukan, sebagai desa budidaya ikan yang menjadi prioritas kementerian. Desa ini terletak di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Berita terkait: Menteri menyebut pergerakan kapal untuk menekankan pelestarian lingkungan laut

“Produksi rumput laut Desa Mamulu saja sudah mencapai 36.000 ton per tahun dengan nilai pendapatan Rp 720 miliar. Angka tersebut diharapkan semakin meningkat setelah dilakukannya upaya hilirisasi,” ujarnya.

Menteri menambahkan, upaya hilirisasi akan membantu dalam pengembangan produk dengan mengubah dari sekedar bahan mentah menjadi lebih bernilai, yang pada gilirannya akan menyerap tenaga kerja masyarakat setempat.

Trengono juga berharap Desa Mammulu menjadi pilot project industri hulu dan hilir, mulai dari inkubasi hingga pemanenan kering hingga lapangan industri. Berita terkait: Fokus harus pada ekonomi biru jangka panjang: Menteri Perikanan

Diedit oleh INE

Diterjemahkan oleh: Tigar Norvetra
Editor: Jaafar Muhammad Siddiq
Hak Cipta © Antara 2023

READ  Industri teknologi akan mendorong pertumbuhan di Indonesia hingga 2022 - Bisnis