POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Sumber Daya Manusia serukan anggota ASEAN untuk melindungi pekerja perempuan

TEMPO.CO, JakartaMenteri Sumber Daya Manusia Ida Fuchsia telah meminta negara-negara anggota ASEAN untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja perempuan di kawasan Asia Tenggara, terutama selama epidemi Pemerintah-19.

“Kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN dan mitra sosial diperlukan untuk meningkatkan keamanan bagi pekerja perempuan dan untuk mewujudkan upaya nyata ASEAN untuk mencapai tujuan STG tentang kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” kata Fauzia dalam sebuah pernyataan, Minggu.

“Ini adalah cara yang tepat untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja perempuan dan perannya dalam mendukung pemulihan ekonomi selama epidemi,” katanya.

Menkeu menekankan komitmen bersama untuk mencapai Global Sustainable Development Goals (SDGs) tentang kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Ia mengatakan, isu keamanan dan pemberdayaan perempuan serta kesetaraan gender akibat krisis Pemerintah-19 harus menjadi bagian integral dari upaya pemulihan status sosial dan ekonomi.

Faucia menggarisbawahi perlunya para pemangku kepentingan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja perempuan, salah satu kelompok paling rentan selama epidemi COVID-19.

Selain itu, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya harus mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan partisipasi dan perlindungan pekerja perempuan dalam upaya menghidupkan kembali perekonomian negara-negara anggota ASEAN yang terkena dampak Pemerintah-19.

Ia mengingatkan, menurut Organisasi Perburuhan Internasional (ILO), pekerja perempuan di kawasan Asia-Pasifik terkena dampak krisis secara proporsional. Ini berarti lebih banyak wanita yang kehilangan pekerjaan daripada pria.

“Sebagian besar perempuan di kawasan Asia-Pasifik bekerja di sektor-sektor yang sangat terpengaruh oleh krisis, menyebabkan kerugian bagi pekerja perempuan karena berbagai alasan,” katanya. Menteri Sumber Daya Manusia.

Melangkah: Menteri Sumber Daya Manusia meminta ASEAN untuk mengurangi dampak Pemerintah-19 terhadap pekerja perempuan

Di antara

READ  Kebakaran hutan bahan bakar iklim melanda pulau-pulau tropis Pasifik