POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Sumathi mengikuti Ujian Lintas Rel Sulawesi Selatan

Makassar, Sulawesi Selatan (ANTARA) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti uji coba jalur kereta api Maros-Pangkajene dan Kepulauan di Sulawesi Selatan.

“(Pengujiannya) untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap KA Trans Sulawesi. Mereka bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang bisa diakses dari stasiun kereta api (on the system), seperti tempat wisata Rammang-Rammang,” kata Sumathi di Pangep, Sulawesi Selatan. Pada hari Jumat.

Menteri dan rombongan naik kereta wisata dari stasiun Maroz ke stasiun Pangajene dan stasiun Rammang-Rammang untuk mengunjungi tempat wisata Rammang-Rammang.

Dia mengatakan peluncuran operasi terbatas akan memungkinkan warga Sulsel untuk belajar tentang moda transportasi baru di wilayah mereka.

“(Operasi) akan dibuka secara bertahap dan tidak ada biaya tiket yang dikenakan pada Desember 2022,” kata Sumathi.

Jalur kereta api yang dibuka untuk operasi terbatas mulai Oktober 2022 adalah jalur Stasiun Karongkong-Stasiun Mangilu sepanjang 66 km, melayani 7 stasiun. Warga memiliki akses ke kereta wisata yang melayani rute ini.

Otoritas berencana untuk menyediakan transportasi bus dari Stasiun Ramang-Ramang dan Stasiun Maroz ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mulai Februari 2023, untuk mencapai integrasi transportasi melalui Program Pembelian Layanan mulai Februari 2023, dan bagi penduduk dan wisatawan untuk mengunjungi tujuan di sepanjang rute bus.

Sedangkan Jalur Stasiun Maros-Stasiun Karongkong sepanjang 80 kilometer dan Jalur Donasa-Karongkong sepanjang 66 kilometer dijadwalkan dibuka untuk umum pada Maret 2023, sedangkan Stasiun Mantai-Stasiun Karongkong sepanjang 84 kilometer diharapkan melayani 10 stasiun. membuka. Mei mendatang.

Jalur kereta api di Sumsel diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara Kabupaten Maros, Kabupaten Pangajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kota Makassar dan Kota Parepare.

Jalur kereta api Makassar-Parepare sepanjang 142 kilometer ini merupakan bagian dari megaproyek Kereta Api Trans-Sulawesi yang menghubungkan seluruh provinsi di Sulawesi Selatan.

READ  Radio Free Asia - Indonesia menginginkan dana pemberi pinjaman Cina untuk jalur kereta api berkecepatan tinggi

Berita Terkait: Proyek Kereta Api Sulawesi adalah bagian dari pembangunan yang berpusat pada Indonesia: Menteri
Berita Terkait: Menteri dorong pembangunan pariwisata di dekat KA Trans Sulawesi