POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Perdagangan Gan mengatakan Singapura akan sangat mendukung prioritas G20 India

Menteri Perdagangan dan Industri Jan Kim Young mengatakan Singapura akan sangat mendukung prioritas G20 India dalam lanskap global yang tidak pasti saat ini dengan latar belakang sistem multilateral yang tegang.

India menjadi presiden G20 untuk masa jabatan satu tahun dari 1 Desember 2022 hingga 30 November 2023.

“Kami yakin bahwa di bawah kepemimpinannya di G20, India akan mengedepankan agenda yang komprehensif, ambisius, berorientasi pada tindakan, dan tegas. Singapura akan memberikan dukungan kuat kami pada prioritas G20 di India,” katanya pada acara resepsi. Hari Republik ke-74 diselenggarakan oleh Komisaris Tinggi India di sini pada hari Rabu.

“Tahun ini India memainkan peran utama dalam membentuk agenda global karena mengambil alih kepresidenan G-20,” kata Jan, seraya menambahkan bahwa dia senang melanjutkan penerimaan seperti itu setelah pandemi, yang mencerminkan kemajuan yang dibuat dalam proses bilateral.

G20 atau G20 adalah forum antar pemerintah untuk ekonomi maju dan berkembang terpenting di dunia.

Ini termasuk Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris Raya, Amerika Serikat, dan Eropa. Uni (Uni Eropa).

Tema kepresidenan India adalah “Satu Bumi, Satu Keluarga, Satu Masa Depan” yang menandakan komitmennya terhadap “Vasudhaiva Kutumbakam” (Dunia adalah satu keluarga).

“Tema ‘Satu Bumi, Satu Masa Depan’ mengajak kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan bersama yang kita hadapi dalam lanskap global yang tidak pasti saat ini dengan latar belakang sistem multilateral yang sedang tertekan,” kata Gan.

Dia juga berbicara tentang hubungan erat antara India dan Singapura dan kerja sama mereka di banyak bidang tradisional seperti pertahanan, perdagangan dan budaya, mencatat bahwa kerja sama ekonomi antara kedua negara telah tumbuh semakin kuat.

READ  Bandara Kabul ramai saat warga Afghanistan berusaha keras untuk keluar - dunia

Singapura adalah investor asing terbesar di India, dan investasi oleh perusahaan Singapura telah meningkat dari US$1,3 miliar pada tahun 2005 menjadi US$6 miliar pada tahun 2020, peningkatan 50 kali lipat hanya dalam 15 tahun. Ada sekitar 440 perusahaan Singapura yang beroperasi di India.

Perusahaan-perusahaan India membentuk kelompok asing terbesar di Singapura, berjumlah lebih dari 8.000, dan berpartisipasi dalam ledakan negara kota itu di berbagai sektor mulai dari pendidikan TI hingga logistik dan manufaktur.

“Perusahaan-perusahaan (India) ini memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja dan pertumbuhan ekonomi Singapura,” kata Menkeu.

Bahkan selama pandemi COVID-19, hubungan ekonomi antara India dan Singapura terus berkembang.

Perusahaan Singapura telah menemukan mitra yang baik dari India dan telah memperluas dan mendiversifikasi bisnis mereka melalui kemitraan ini di India dan luar negeri.

Dia mencontohkan Capitaland dan Phoenix Group untuk mengembangkan taman bisnis di Hyderabad dan kemitraan TVS Motor India dengan rantai pasokan Agro Corp International yang berbasis di Singapura untuk distribusi sepeda motor di Myanmar.

Kemitraan semacam itu tidak hanya membantu perusahaan tumbuh, tetapi juga membantu kedua negara.

“Kami juga telah membuat kemajuan yang baik dalam kolaborasi antara Singapore Pay Now dan antarmuka pembayaran terpadu India untuk memungkinkan transfer uang yang lebih cepat dan lebih terjangkau antara kedua negara kami, menguntungkan kedua pengunjung di Singapura dan India,” katanya. Dia mengatakan bahwa Singapura dan India juga menjajaki bidang pengembangan keterampilan mengingat potensi pemuda India yang bersemangat. Ia menambahkan, Singapura antara lain bekerja sama dengan pemerintah negara bagian di bidang pendidikan vokasi. “Kami terus mendapat manfaat dari hubungan yang kuat dan kepercayaan mendalam yang kami bagikan untuk mengeksplorasi bagaimana memperluas kerja sama dan kerja sama di bidang baru dan penting,” katanya.

READ  Storm Games airdrops untuk 'Four Gods on WEMIX'

Di bidang regional, ia meminta India dan ASEAN untuk bekerja sama demi kemakmuran negara-negara Asia Tenggara. ASEAN dan India juga telah membentuk posisi strategis yang komprehensif untuk membawa hubungan regional ke tingkat berikutnya. Ada ruang lingkup yang signifikan untuk mengintensifkan kerja sama di sektor-sektor baru termasuk ekonomi digital, konektivitas, dan perkotaan. “ASEAN dan India harus bekerja sama untuk memastikan kawasan kita tetap terbuka, inklusif, dan makmur,” kata menteri Singapura itu.

Sementara itu, lebih dari 350 orang India bergabung dengan Komisaris Tinggi di Kumaran untuk upacara pengibaran bendera di kantor pusat kementerian pada Kamis pagi saat para siswa dari sekolah lokal India menyanyikan lagu-lagu patriotik.

(Cerita ini belum diedit oleh staf Devdiscourse dan dihasilkan secara otomatis dari umpan sindikasi.)