POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Ng bertemu dengan rekan-rekan internasionalnya pada Pertemuan Tingkat Menteri Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan

7 Oktober 2021 – Ottawa, Kanada – Urusan Global Kanada

Menuju komitmennya untuk pemulihan ekonomi jangka panjang dari pandemi COVID-19 dan pengembangan ekonomi global yang kuat, inklusif, hijau, dan berkelanjutan, Kanada berdedikasi untuk mendukung bisnis Kanada dan arus bebas produk dan layanan lintas batas internasional.

Di sela-sela pertemuan Dewan Menteri Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) yang diadakan di Paris, Prancis, pada 5-6 Oktober 2021, Yang Mulia Ibu Marie Ng, Menteri Usaha Kecil, Promosi Ekspor dan Perdagangan Internasional , bertemu dengan mitra perdagangan internasional utama, termasuk:

  • Dan Tehan, Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia

  • Muhammad Lutfi, Menteri Perdagangan Indonesia

  • Han Koo Yoo, Menteri Perdagangan Korea Selatan

  • Valdis Dombrovskis, Wakil Presiden Eksekutif dan Komisaris Perdagangan, Komisi Eropa

Menteri Ng dan Menteri Tehan membahas cara untuk meningkatkan kerja sama bilateral dan membangun momentum pada isu-isu seperti perdagangan, kesehatan dan negosiasi WTO tentang perikanan menjelang Konferensi Tingkat Menteri WTO ke-12 (MC12), termasuk melalui keterlibatan berkelanjutan di Ottawa yang dipimpin oleh Kanada. Pertemuan Kelompok dan Menteri Perdagangan dan Investasi Kelompok Dua Puluh diadakan pada 12 Oktober. Mereka juga membahas komitmen mereka untuk bekerja dengan pihak-pihak dalam Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP) dan dengan Inggris dalam proses aksesi, sambil memastikan aturan CPTPP tingkat tinggi dan ambisi akses pasar.

Menteri Ng dan Menteri Lutfi membahas langkah selanjutnya dalam negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Kanada. Menteri Ng juga menyampaikan apresiasinya atas peran Indonesia sebagai Country Coordinator Canada for Economic Affairs di Association of Southeast Asian Nations.

Menteri Ng dan Menteri Yu berbicara tentang dukungan mereka untuk peran sentral WTO dalam menyediakan prediktabilitas. Mereka mengatakan bahwa mereka berharap untuk melanjutkan kerja sama dalam prioritas bersama menjelang Konferensi Tingkat Menteri Keduabelas, termasuk dalam konteks Grup Ottawa.

Menteri Ng dan Menteri Dombrovskis membahas komitmen bersama mereka untuk menjaga kesehatan esensial dan rantai pasokan medis tetap terbuka dan tangguh. Menteri Ng menghargai pengiriman vaksin COVID-19 yang sedang berlangsung oleh Uni Eropa dan Negara-negara Anggota ke Kanada selama pandemi, dan menegaskan kembali harapan Kanada bahwa mekanisme ekspor apa pun tidak akan memengaruhi pengiriman vaksin ke Kanada di masa mendatang.

Menteri Ng juga bergabung dengan Wakil Presiden Eksekutif Dombrovskis dalam merayakan ulang tahun keempat Perjanjian Ekonomi dan Perdagangan Komprehensif Kanada-UE (CETA), yang berlangsung pada 21 September, saat perdagangan Kanada-UE menjadi lebih berkelanjutan dan inklusif di bawah CETA. Ketentuan yang kuat tentang lingkungan, tenaga kerja dan gender Menteri Ng menegaskan bahwa sudah waktunya bagi semua negara anggota UE untuk menyelesaikan ratifikasi guna mengamankan manfaat ini bagi bisnis, pekerja, dan masyarakat.

READ  Mahkamah Agung memberi PM Lee $210.000 dalam kasus pencemaran nama baik terhadap editor TOC Terry Xu dan penulis artikel, Courts & Crime News & Top Stories