POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri membandingkan penurunan kepercayaan global dengan virus

Apa yang terjadi di Ukraina adalah peringatan bagi kita di Indo-Pasifik, termasuk ASEAN dan India

New Delhi, India (Antara) – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyoroti fenomena menurunnya kepercayaan antar negara yang menyulitkan dunia menghadapi tantangan global berupa pandemi, krisis pangan, dan krisis keuangan.

Pernyataan itu disampaikan Marsudi di hadapan para menteri luar negeri ASEAN dan India pada sesi menteri Dialog Delhi ke-12 di New Delhi, India, Kamis malam.

Dia mencatat bahwa perang di Ukraina “menyoroti kekurangan kepercayaan yang mendalam.” “Kita harus sangat berhati-hati. Kita harus mencegah virus (kurang percaya diri) menyebar luas di Indo-Pasifik.”

Berita Terkait: Jokowi ajak Jerman investasi mobil listrik

Menteri menyamakan kurangnya kepercayaan dengan virus, yang menjadi hambatan bagi kerja sama negara-negara. Saya juga menyebutkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan defisit kepercayaan dapat dengan mudah berubah menjadi konflik terbuka.

“Apa yang terjadi di Ukraina merupakan peringatan bagi kita di kawasan Indo-Pasifik, termasuk ASEAN dan India. Saya senang bahwa selama lebih dari lima dekade, ASEAN telah bekerja keras untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan, dan kita harus terus mengembangkan “vaksin” kepercayaan strategis untuk melawan virus “kurangnya kepercayaan”.

Menkeu meyakini ada dua aspek yang dapat membantu mengatasi situasi kepercayaan yang semakin menipis, salah satunya adalah membuka pintu bagi negara mana pun untuk bekerja sama dengannya, sehingga pembangunan di kawasan Indo-Pasifik bersifat inklusif.

Kedua, Menkeu menekankan bahwa kawasan harus fokus pada kerja sama yang nyata dan berdampak pada kehidupan masyarakat.

Berita Terkait: Presiden Jokowi menerima kunjungan Presiden Steinmeier

“Bicara kerja sama konkrit, empat prioritas dalam pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik bisa menjadi awal yang baik. Isu maritim khususnya sangat relevan dalam konteks kemitraan antara ASEAN dan India,” jelasnya.

READ  China mengatakan telah menandatangani perjanjian keamanan dengan Kepulauan Solomon

Sebelumnya, dalam sesi tertutup Pertemuan Khusus Menlu ASEAN dan India yang digelar pada hari yang sama, dicapai kesepakatan mengenai beberapa poin terkait isu maritim.

Mengutip pernyataan Kementerian Luar Negeri India, Forum Menteri Luar Negeri menyambut baik usulan latihan angkatan laut antara ASEAN dan India.

Berita Terkait: Presiden mengunjungi Bendungan Sindangheula untuk meninjau manfaat

Berita Terkait: Jokowi salurkan bansos di pasar Baros