POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Luar Negeri Tiongkok dan Timor Timur mengadakan pembicaraan – Xinhua

Menteri Luar Negeri Tiongkok dan Timor Timur mengadakan pembicaraan – Xinhua

Nanning, 4 April 2019 (Xinhua) – Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengadakan pembicaraan dengan Benedito dos Santos Freitas, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Timor Timur, hari ini (Kamis) di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang di Tiongkok selatan.

Wang, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok, mencatat bahwa Tiongkok dan Timor Timur meningkatkan hubungan mereka menjadi kemitraan strategis komprehensif pada September lalu yang merupakan sebuah lompatan maju bersejarah dalam hubungan bilateral.

Wang mengatakan kedua belah pihak harus meneruskan tradisi saling percaya dan kerja sama yang saling menguntungkan, menerapkan konsensus penting yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara, dan terus mendorong modernisasi kemitraan strategis komprehensif mereka.

Mengingat bahwa Tiongkok akan selalu menjadi anggota negara berkembang, Wang mengatakan perkembangannya akan memberikan dukungan dan peluang bagi semua negara berkembang, termasuk Timor Timur. Tiongkok bersedia membentuk kelompok kerja kerja sama pertanian dengan Timor Lorosa'e, memperdalam pertukaran sub-nasional, berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Timor Lorosa'e, memperluas pertukaran antar masyarakat, dan meningkatkan kerja sama di bidang-bidang seperti kebudayaan, pendidikan, pelatihan kejuruan. , pariwisata dan pertanian. Olahraga.

Freitas mengatakan, hubungan bilateral antara Timor Timur dan Tiongkok selalu berkembang atas dasar rasa saling percaya dan saling menguntungkan. Timor Timur dengan tegas menganut prinsip satu Tiongkok dan berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama persahabatan dengan Tiongkok.

Dia menambahkan bahwa Timor Timur berterima kasih kepada pemerintah dan rakyat Tiongkok atas dukungan penuh dedikasi mereka terhadap upaya Timor Timur untuk mencapai kemerdekaan nasional, pembangunan ekonomi dan sosial, serta menjaga stabilitas nasional. Timor Lorosa'e berharap dapat bekerja sama dengan Tiongkok untuk meningkatkan pertukaran tingkat tinggi dan mendorong pelaksanaan lebih banyak proyek di bawah Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan, dengan tujuan mencapai perkembangan yang lebih besar dalam kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara.

READ  Yellen mengatakan dia mengadakan pertemuan "produktif" tentang pagu harga minyak Rusia