POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Indonesia menyerukan kerja sama di dalam negara-negara ASEAN dan memperkuat perdagangan ASEAN

Tempo.co, JakartaMenteri Perdagangan Indonesia Zulkipli Hasan telah membuat panggilan tersebut ASEAN Pada pertemuan Dewan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) di Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu, 19 Agustus 2023, negara-negara harus bekerja sama dalam mengembangkan solusi konkret untuk memperkuat perdagangan ASEAN.

“Pertemuan ini merupakan dorongan penting untuk memperkuat perdagangan intra-ASEAN. Saya berharap kita dapat bekerja sama dalam mengedepankan semangat persatuan, memberikan panduan yang jelas dan mengembangkan solusi yang nyata dan konkrit,” ujarnya dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari ASEAN Economic Ministers’ Meeting (AEM) ke-55 dan rangkaian pertemuan terkait yang diselenggarakan di Semarang pada 17-22 Agustus.

Hasan mencatat, Indonesia sebagai ketua ASEAN 2023 mengharapkan negara-negara ASEAN berperan aktif dalam mempromosikan berbagai agenda regional dan global.

Negara-negara ASEAN juga diharapkan mampu menciptakan kawasan yang adaptif, responsif, dan berdaya saing tinggi di pusat pembangunan dunia.

“Upaya ini harus didukung oleh upaya kita bersama untuk mencapai pertumbuhan ekonomi daerah yang adil, inklusif, dan berkelanjutan,” ujarnya.

Pertemuan yang digelar pada Sabtu itu dihadiri Menteri Perdagangan dan Industri Timor Leste Philipp Nino Perera sebagai pengamat, selain perwakilan negara anggota ASEAN dan menteri perdagangan.

Pereira mengatakan Timor-Leste telah mencatat dan mencatat komitmen ASEAN untuk mengatasi tantangan langsung dan memberikan upaya pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Upaya tersebut dilakukan ASEAN untuk mendorong kerja sama di bidang ekonomi digital, ekonomi sirkular, dan ekonomi hijau, memperkuat ketahanan pangan, dan memperkuat rantai pasokan yang tangguh untuk mengantisipasi dampak krisis.

Menteri menyatakan komitmen penuh Timor-Leste terhadap Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN, prinsip, tujuan dan pedoman sebagai pilar tambahan kerjasama dan koordinasi ekonomi berbasis regional untuk mengatasi tantangan saat ini dan yang muncul.

READ  Rekatkan KPK untuk mengawasi mega proyek strategis nasional.

Antara

Pemilihan Guru: Heru Budi menetapkan kebijakan WFH bagi ASN Jakarta sebesar 75 persen selama KTT ASEAN 2023.

klik disini Dapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News