POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menkeu: Pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih tinggi dari Korea Selatan dan Jepang

Menkeu: Pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih tinggi dari Korea Selatan dan Jepang

TEMPO.CODan JakartaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2021 lebih baik dibandingkan sejumlah negara di Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, Vietnam, dan India. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Indonesia pada triwulan II 2021 tumbuh positif sebesar 7,07%.

Pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi sejak subprime mortgage terakhir. Ini juga lebih tinggi dibandingkan di banyak negara, seperti India, Korea Selatan, dan Jepang, kata Erlanga dalam konferensi pers, Kamis, 5 Agustus.

Ekonomi Jepang menyusut pada kuartal kedua menjadi 1,6 persen. Sementara itu, ekonomi India tumbuh 1,6 persen dan Korea Selatan 5,9 persen. dan Vietnam 6,6%.

Airlangga menjelaskan dari sisi permintaan agregat, semua segmen usaha menunjukkan pertumbuhan yang positif. Sektor yang sebelumnya berkontraksi juga rebound.

Menurut Menkeu, kontributor utama pertumbuhan ekonomi pada triwulan II adalah konsumsi rumah tangga dan pembentukan modal tetap bruto atau PMTB. Konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 5,93 persen dan PMTB sebesar 7,54 persen. Keduanya menyumbang 84,93 persen terhadap PDB, atau produk domestik bruto.

Baca: Pertumbuhan Ekonomi 7,07%; Kementerian Keuangan mengatakan strategi pemulihan berhasil

Francesca Christie Rosanna

READ  Standard & Poor's mengatakan konflik COVID di Indonesia meningkatkan risiko kredit