POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menkeu menghimbau para pembuat konten untuk membayar pajak dengan benar

Menkeu menghimbau para pembuat konten untuk membayar pajak dengan benar

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati mengimbau seluruh pembuat konten di Indonesia untuk rutin membayar pajak guna mendukung pembangunan negara.

“Jadi, jika Anda membuat sebuah konten yang populer, periksa kembali kewajiban perpajakan Anda dan patuhi,” ujarnya dalam acara “Karya Kreator Indonesia: Saksikan Indonesia Tumbuh 2023” pada Kamis.

Ditegaskannya, penerimaan pajak merupakan kewajiban seluruh warga negara dan tidak boleh dianggap sebagai masalah. Ia menambahkan, penerimaan pajak dapat dikembalikan kepada masyarakat untuk membantu ekosistem platform digital tumbuh lebih jauh dalam bentuk pembangunan infrastruktur.

Ia mencontohkan upaya menciptakan jaringan konektivitas pada platform digital seperti YouTube agar masyarakat yang tinggal di daerah terpencil tanpa listrik atau akses internet dapat terhubung dengan penonton dari negara lain.

“Apa pun yang bisa memacu kreativitas akan kita dukung, tapi jangan jadikan pajak sebagai persoalan karena ini untuk Indonesia. Kita akan bantu dan siap dukung dengan baik,” tuturnya.

“Inilah cara kami mencintai Indonesia: dengan selalu menjaga negara ini karena ini milik kita,” imbuhnya.

Selain menjamin konektivitas, pemerintah juga akan membantu perbaikan infrastruktur melalui alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk penyediaan listrik dan fasilitas umum seperti tol, pelabuhan, dan bandara.

“Ini semua tentang menghubungkan masyarakat Indonesia dengan teknologi digital dan konektivitas digital,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Indravati juga berharap agar para pembuat konten di platform digital tetap menjaga sikap baik untuk menjaga Indonesia tetap menjadi negara yang bersatu, berdaulat, adil, makmur, dan bermartabat.

Ia mengatakan, konten yang dibuat berdasarkan pengalaman dan pengetahuan pembuat konten harusnya memberikan dampak positif, mendorong kreativitas, dan menginspirasi masyarakat.

“Salam sejahtera untuk Anda semua – para pembuat konten dan penonton secara keseluruhan. Kami di pemerintahan, Kementerian Keuangan, siap mendukung kreativitas dan inovasi Anda untuk terus berkembang,” imbuhnya.

READ  Sektor keuangan digital tumbuh menjadi Rp4.500 Tn pada tahun 2030: VP Ma'ruf Amin

Berita terkait: Kementerian Hukum akan memberikan penghargaan kepada 21 pembuat konten

Berita terkait: Pemerintah mengubah pajak untuk meningkatkan pendapatan negara pada tahun 2024: Widodo

Diterjemahkan oleh: Hreiloida Dharma Santi, Katriana
Redaktur: Thea Mudiyasari
Hak Cipta © ANTARA 2023