POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menkeu: Indonesia imbangi ekonomi dengan dukungan pandemi

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pada hari Selasa bahwa Indonesia perlu “melindungi orang” dan membelanjakan lebih banyak untuk mendukung mereka selama pandemi – dan pemulihan ekonomi ini tidak mungkin melemah.

Sri Mulyani mengatakan kepada “Squawk Box Asia” CNBC pada hari Senin bahwa apa yang disebut jaring pengaman sosial untuk orang Indonesia telah meningkat sebesar 20% sementara pengeluaran untuk perawatan kesehatan telah meningkat hampir 19%. Kebijakan jaring pengaman sosial Indonesia memperluas dukungan pemerintah bagi masyarakat miskin dan mereka yang terkena dampak krisis ekonomi.

“Ini jelas merupakan pergeseran fokus kami pada anggaran untuk melindungi rakyat,” katanya. “Tentu, kami ingin ini tidak terlalu lama dan karena itu tidak akan mempengaruhi kinerja ekonomi pada kuartal ketiga.”

Perekonomian Indonesia menunjukkan “pemulihan dan pemulihan yang sangat kuat” pada kuartal kedua, kata menteri, seraya menambahkan bahwa fokusnya sekarang adalah memastikan bahwa virus delta yang sangat berbahaya dapat ditanggulangi.

“Pada saat yang sama, juga memastikan bahwa normalisasi kegiatan ekonomi tidak akan mengorbankan peningkatan (kasus) Covid,” katanya, seraya menambahkan bahwa tingginya jumlah infeksi dapat membanjiri sistem perawatan kesehatan.

wabah covid di indonesia

Indonesia sedang berjuang dengan varian delta yang sangat menular, yang telah mendorong kasus harian ke level rekor dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut situs statistik Our World in Data, Indonesia telah mengalami peningkatan besar dalam kematian Covid, dengan rata-rata bergulir tujuh hari dari 3,95 kematian baru yang dikonfirmasi per hari per juta orang pada hari Senin, naik dari 0,69 kematian per juta orang pada 16 Juni .

Untuk menempatkan itu dalam konteks, angka terburuk India pada statistik yang sama, tiba pada bulan Mei, adalah 3,04 kematian per juta orang.

Tarif vaksinasi

Laju vaksinasi di Indonesia telah tertinggal secara global, sebuah tren yang sebagian besar diamati di sebagian besar Asia Tenggara.

Pada 16 Juli, sekitar 5,89% dari seluruh penduduk Indonesia telah divaksinasi terhadap Covid-19, menurut Our World in Data.

Sebagai perbandingan, Thailand telah memvaksinasi penuh hampir 5% dari populasinya sementara Filipina telah mencapai hampir 4%. Di Malaysia, negara lain di kawasan menghadapi ledakan baru, 13,3% dari populasi divaksinasi. Singapura menempati posisi regional yang terpencil dengan salah satu tingkat vaksinasi tercepat secara global – lebih dari 44% populasi telah divaksinasi lengkap.

Indonesia Tindakan darurat diberlakukan awal bulan ini Dalam upaya untuk menahan peningkatan tajam dalam infeksi. Pembatasan ini akan berlangsung hingga 20 Juli, meskipun ada persiapan untuk memperpanjangnya, menurut Mouliani.

“Presiden masih berdiskusi dengan kabinet berapa lama perpanjangannya,” katanya.

Ini mencantumkan tiga faktor yang mungkin mempengaruhi lamanya perpanjangan: jumlah kasus virus, kemampuan fasilitas perawatan kesehatan untuk menangani infeksi baru, serta tingkat vaksinasi.

“Ini pertanda baik bahwa kita sekarang melihat tren penurunan kasus, terutama di wilayah Jawa – termasuk Jakarta. Dan di Bali vaksinasi sudah tiba … Lebih dari 80% populasi,” kata menteri.

Dengan negara yang sekarang memiliki lebih dari 150 juta dosis vaksin, tambahnya, perlombaan sekarang untuk mencapai “setidaknya dua juta vaksin per hari, dengan tentara, polisi dan perawat tingkat desa dimobilisasi untuk upaya tersebut.”

READ  Pembukaan Konferensi Tingkat Menteri Kedua tentang Sabuk dan Jalan Energi di Qingdao