POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mengapa lubang kecil membuat saya takut? Apa yang Anda ketahui tentang tripofobia?

S: Melihat lubang-lubang kecil—seperti yang terdapat pada beberapa buah atau tanaman—membuat saya merinding. Apa yang salah denganku?

A: Beberapa orang mempunyai reaksi negatif terhadap tindikan lubang jarum. Ini dikenal sebagai tripofobia. Rangsangan visual termasuk biji teratai, gelembung yang muncul di atas pancake di atas wajan, dan bahkan iPhone dengan lensa kamera yang digabungkan menjadi satu.

Sekitar 10 hingga 15 persen orang merasa tidak nyaman melihat gambar-gambar ini, kata Nate Pepiton, asisten profesor psikologi di Florida Gulf Coast University yang telah mempelajari trypophobia selama beberapa tahun.

Gambar dapat menimbulkan perasaan jijik dan jijik, serta gatal dan mual. Hal ini terjadi pada orang dewasa dan anak-anak Bahkan pada usia 4 atau 5 tahun.

Para peneliti telah mengkaji dua teori evolusi utama tentang mengapa keengganan ini ada. Beberapa makhluk berbisa menunjukkan trypophobia—seperti tarantula bermata delapan—dan banyak penyakit kulit, seperti cacar, menimbulkan kumpulan lesi melingkar.

Meskipun lingkaran kecil dalam konteks apa pun mungkin cukup mengganggu bagi sebagian orang, Pepito menemukannya Umpan balik sangat kuat Jika ditumpangkan pada gambar binatang berbahaya – dan khususnya pada gambar kulit manusia seperti tangan.

“Hal ini menunjukkan bahwa meningkatnya ketidaknyamanan yang terlihat di antara mereka yang terganggu oleh gambar trypophobia mungkin merupakan respons adaptif untuk menghindari penyakit menular,” katanya.

Pepitone percaya trypophobia berhubungan dengan cara beberapa orang memproses informasi visual dasar. Penelitian telah menunjukkan bahwa gambar lubang yang membuat orang tidak nyaman cenderung memiliki ciri visual yang berbeda: kontras tinggi.

Bayangkan lubang gelap dengan latar belakang terang. Lubang yang terlihat luntur biasanya tidak menimbulkan rasa tidak nyaman.

itu Pola melingkar juga merupakan elemen pentingBibiton menambahkan. Misalnya, gambar daun palem memiliki area terang dan gelap yang serupa, namun tidak membuat orang takut.

READ  Inilah yang perlu diketahui tentang gerhana matahari total minggu depan

Banyak makhluk berbisa, seperti gurita cincin biru, memiliki karakteristik visual yang berbeda, sehingga beberapa peneliti berpendapat bahwa reaksi tersebut berasal dari respons yang tidak disadari, bukan respons rasa takut yang dipelajari.

Oleh karena itu, Bibitone tidak yakin trypophobia dapat menerima intervensi psikologis seperti terapi perilaku kognitif.

Solusi termudah adalah dengan menghindari gambar-gambar ini bila memungkinkan. Faktanya, kata Pepitone kepada saya, siswa di labnya memilih untuk tidak berpartisipasi dalam proyek trypophobia karena reaksi mereka.

Teori lain tentang trypophobia tidak terlalu sejalan dengan teori Darwin, dan berkaitan dengan kekuatan sugesti: Jika Anda siap untuk mencari gambar dugaan trypophobia setelah mengisyaratkan bahwa itu akan membuat Anda gatal, Anda mungkin gatal hanya karena Anda sudah siap. . untuk melakukannya.

Jika Anda melihat gambar itu dalam konteks lain, Anda mungkin tidak akan peduli.

Menyebut fenomena ini sebagai fobia juga tidak sepenuhnya tepat.

trypophobia, yaitu i Itu muncul dalam literatur medis 10 tahun laluHal ini sering dikaitkan dengan rasa jijik daripada rasa takut.

Itu tidak cocok dengan diagnosis psikiatris apa pun. Untuk dapat didiagnosis dengan fobia menurut kriteria Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental – panduan yang digunakan dokter untuk mendiagnosis gangguan kesehatan mental – ketakutan atau kecemasan terhadap pemicu tertentu harus cukup kuat untuk menyebabkan tekanan atau gangguan fungsional yang signifikan. .

“Bagi kebanyakan orang, meskipun mereka menganggap gambar trypophobia menjijikkan, mereka masih bisa menjalani rutinitas sehari-hari,” kata Pepitone.

Namun, hal ini mempunyai dampak bagi kita semua.

Para peneliti sedang berupaya menguraikan kombinasi, tekstur, atau warna tertentu untuk membantu mendesain item secara positif seperti pakaian atau bahkan bangunan. Di sisi lain, beberapa pembuat film sepertinya menyukai dampak pola trypophobia terhadap manusia.

READ  Peluncuran Rocket Lab dari CAPSTONE memulai kembalinya NASA ke Bulan

Ambil contoh, penjahat serial horor “Friday the 13th”, Jason Voorhees. Dia memakai topeng hoki dengan lubang-lubang kecil di dalamnya, yang anehnya menjengkelkan. Dan tokoh antagonis “Black Panther” tahun 2018, Killmonger, memamerkan bekas luka kecil di tubuhnya. yang menurut beberapa orang memicu trypophobia.

Apa yang saya ingin pasien saya ketahui

Trypophobia adalah contoh bagus tentang cara kita memandang dan berinteraksi dengan dunia secara berbeda. Masukan visual yang sama menyusahkan sebagian orang, namun tidak bagi sebagian lainnya. Sekarang pikirkan banyak kondisi medis yang mungkin tidak terlihat jelas – seperti sakit kepala migrain atau COVID yang berkepanjangan – yang pemicunya dalam lingkungan sehari-hari mungkin tidak mengganggu orang lain sama sekali. Bagi banyak orang, terus-menerus berjuang untuk dipercaya dan didengar adalah hal yang membuat frustrasi.

Temui Dokter: Trisha Pasricha, MD, adalah seorang dokter di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Fakultas Kedokteran di Harvard Medical School dan seorang jurnalis medis.

Tanyakan kepada Dokter: Apakah Anda memiliki pertanyaan kesehatan? Kami akan mencari ahli yang tepat untuk menjawabnya.

Mendaftarlah untuk buletin Well+Being, sumber tips ahli dan saran sederhana kami untuk membantu Anda menjalani hidup dengan baik setiap hari