POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mendag RI Usulkan ASEAN Impor Gandum Rusia

Tempo.co, Semarang, Jawa Tengah – Bahasa Indonesia Menteri Perdagangan Zulkipli Hasan mengusulkan agar negara-negara Asia Tenggara mempertimbangkan impor gandum. Rusia Melalui China atau India untuk memfasilitasi impor.

“Tadi kita bahas kalau mau lebih mudah bisa (impor) lewat India atau lewat China,” ujarnya kepada wartawan kemudian. ASEAN Rapat Permusyawaratan Menteri Perekonomian dengan Rusia pada Senin, 21 Agustus 2023

Pertemuan tersebut diselenggarakan dalam rangka Pertemuan Menteri Perekonomian ASEAN dan Pertemuan Terkait ke-55 yang akan diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah pada 17-22 Agustus 2023.

Hasan, yang juga akan menjabat sebagai Ketua Menteri Perekonomian ASEAN pada tahun 2023, mengatakan akan lebih mudah mengimpor gandum dari Rusia melalui India dan Tiongkok karena ASEAN tidak memiliki hambatan pasokan logistik bagi kedua negara tersebut.

Ia menambahkan, pemerintah Indonesia tidak mempermasalahkan pembatasan impor gandum dari Rusia yang berasal dari negara seperti Kanada dan Amerika Serikat yang dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Dalam pertemuan tersebut, ASEAN dan Rusia membahas pasokan produk pertanian dari Rusia ke ASEAN, ujarnya.

Mereka membahas implementasi kerja sama perdagangan dan investasi ASEAN-Rusia dan lokakarya perdagangan online ASEAN-Rusia; pariwisata; Koneksi dengan penerbangan langsung; keamanan digital, khususnya pembayaran elektronik; dan animasi kreatif; hal-hal lain.

Pada Juli 2023, Rusia memutuskan menarik diri dari perjanjian yang mengizinkan Ukraina mengekspor biji-bijian melintasi Laut Hitam. Penarikan diri Rusia telah memberikan tekanan pada rantai pasokan pangan untuk komoditas seperti gandum dan jagung.

Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam diluncurkan pada tahun 2022 untuk mengatasi krisis pangan global yang diperburuk oleh invasi Rusia ke Ukraina. Rusia adalah salah satu eksportir biji-bijian terbesar di dunia.

Antara

READ  Anak-anak harus bersemangat meskipun ada kegiatan domestik: Presiden

Pemilihan Guru: ASEAN akan menjadi pusat manufaktur kendaraan listrik global: pidato Menteri Energi

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News