POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

MBA 2024 di Luar Negeri: Area Noorfigri, Cambridge Judge Business School

MBA 2024 di Luar Negeri: Area Noorfigri, Cambridge Judge Business School

Kota dan Negara Asal: Jakarta, Indonesia

Perusahaan dan jabatan terbaru: Manajer Pembangunan Negara, Pertanian Jeeva

Bagaimana belajar bisnis di Inggris meningkatkan pengalaman belajar Anda? Cambridge memberi saya lingkungan kerja dan belajar yang mendalam yang menggabungkan kekayaan sejarah dan semangat untuk inovasi masa depan. Dalam konteks ini, saya juga mendapat manfaat dari adaptasi budaya kerja dan belajar yang memiliki nuansa berbeda dengan budaya di negara asal saya, Indonesia. Selain itu, melihat bagaimana Cambridge Judge sangat menekankan Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi (DEI) telah memberi saya perspektif yang lebih luas dalam memahami banyak isu penting bagi kepemimpinan bisnis. Kombinasi faktor-faktor ini tentu akan memberi saya kemampuan yang lebih baik untuk beradaptasi terhadap dinamika bisnis global yang berubah dengan cepat.

Di luar budaya belajar, Inggris adalah tempat berkumpulnya orang-orang luar biasa dari seluruh dunia untuk belajar di sini. Salah satu hal terbaik tentang pengalaman saya di Cambridge adalah jaringan yang saya bangun di Cambridge Judge dan hal-hal yang saya pelajari sebagai bagian dari tim MBA global.

Saya percaya bahwa pengalaman belajar di Inggris adalah mencoba hal-hal lain yang tersedia di sini untuk memperkaya diri Anda sendiri. Bagi saya, sebagai pecinta seni, Inggris menawarkan pengalaman yang luar biasa, terutama kunjungan ke museum dan teater. Saya telah menghabiskan banyak hari menikmati museum yang indah dan pertunjukan yang luar biasa!

Transisi apa yang paling sulit untuk tinggal di Inggris sejauh ini? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan ini? Saya berasal dari negara tropis di Asia Tenggara, jadi adaptasi langsungnya adalah perbedaan iklim – namun tidak seperti yang saya harapkan. Saya menemukan bahwa dengan mengenakan pakaian hangat yang tepat, saya dapat dengan mudah beradaptasi dengan suhu yang lebih dingin. Yang mengejutkan adalah betapa singkatnya siang hari dan betapa jarangnya saya melihat matahari. Pada jam 4 sore di musim dingin, hari sudah gelap di negara ini! Saya mengatasinya dengan mengubah waktu tidur dan bangun untuk memastikan saya mendapat lebih banyak sinar matahari, dan saya mendapatkan lampu di kamar saya untuk membantu menyimulasikan sinar matahari di hari gelap.

READ  Kementerian melatih penduduk pulau luar untuk membuat perahu serat

Tip untuk semua penduduk tropis yang bersiap menghadapi musim dingin di Inggris: jangan sia-siakan jatah bagasi Anda untuk membeli jaket di negara asal Anda, ada lebih banyak pilihan di sini saat Anda tiba, dan banyak diskon pelajar. Banyak toko!

Layanan sekolah mana yang paling membantu untuk tinggal di Inggris? Bagaimana hal ini membantu Anda beradaptasi? Dua layanan sekolah bisnis sangat membantu saya: tim karir Cambridge Judge Business School dan layanan nasihat universitas.

Alasan utama banyak orang mengejar gelar MBA adalah untuk membawa karir mereka ke tingkat selanjutnya. Di luar kurikulum inti program MBA Cambridge, sekolah membantu kami melalui Layanan Karir, yang menawarkan sejumlah lokakarya dan acara industri yang membantu siswa lebih memahami cara terbaik untuk melanjutkan karir mereka setelah MBA. Saya pribadi belajar banyak hal bermanfaat dari lokakarya ini.

Mengalihkan studi dan beban kerja program MBA sambil menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di negara baru dapat menjadi pengalaman yang penuh tekanan. Saya menemukan bahwa ketika saya merasa tertekan, berbicara dengan seorang konselor di universitas membantu saya mengatasi situasi saya dan mendapatkan perspektif yang lebih baik. Layanan Konseling Universitas Cambridge dapat memberi Anda sesi konseling dengan staf yang sangat bijaksana dan berempati yang bersedia mendengarkan Anda dan membantu Anda memproses pikiran dan emosi Anda dengan lebih jelas.

Nuansa budaya apa yang paling menarik dari masyarakat yang tinggal di Inggris? Mengapa hal ini mengejutkan Anda? Berapa banyak pub! Pub di mana-mana!

Saya langsung tersadar bahwa bahkan di kota kecil seperti Cambridge, ke mana pun Anda berjalan, Anda dapat menemukan pub setiap 10 menit berjalan kaki. Dan permainan yang menghibur orang-orang di pub ini berbeda dengan di negara saya. Ketika saya pertama kali tiba, semua orang di setiap pub sangat antusias dengan Piala Dunia Rugbi. Di negara saya, banyak orang yang bahkan tidak tahu apa itu rugby!

READ  Negara-negara anggota G20 tertarik bekerja sama dengan Indonesia: Kementerian

Mencari visa untuk bekerja di Inggris setelah lulus? Jika iya, kendala apa saja yang Anda hadapi dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Ya, ini adalah salah satu opsi yang saya pertimbangkan. Yang paling menarik di UK adalah program visa pascasarjana dimana kita bisa mengajukan visa ini segera setelah menyelesaikan studi kita. Skema visa ini memungkinkan lulusan untuk tinggal di Inggris hingga tiga tahun sementara kami mencari pekerjaan di Inggris setelah gelar MBA.

Dalam skema visa saat ini, tidak banyak batasan. Namun, pantau terus berita apa pun mengenai kebijakan imigrasi pemerintah Inggris, karena ini adalah topik yang sangat aktif di Inggris dan segala sesuatunya berubah dengan cepat.

Apa yang Anda lakukan di sekolah bisnis agar lebih mudah berteman dengan orang di luar negara asal Anda? Pertukaran makanan! Tawarkan makanan lezat dari negara Anda dan mintalah rekomendasi teman Anda tentang tempat mendapatkan makanan terbaik dari negara Anda. Seringkali, teman sekelas dan teman baru Anda akan mengundang Anda untuk makan malam lezat masakan rumahan dari masakan asli mereka. Makan malam di antara kelompok MBA dan teman sekelas internasional saya adalah salah satu pengalaman paling indah yang saya alami.

Nasihat apa yang akan Anda berikan kepada pelajar internasional yang ingin belajar di program pascasarjana bisnis di Inggris? Ketahui apa yang sebenarnya ingin Anda dapatkan dari pengalaman Anda dan pelajari cara memprioritaskannya.

Ciri pembeda yang paling menonjol dari program bisnis pascasarjana Inggris (serta beberapa program MBA Eropa lainnya) adalah durasi 1 tahun. Anda mendapatkan keuntungan dari hal ini karena Anda dapat melanjutkan hidup Anda lebih cepat dan biayanya kurang dari paket 2 tahun. Namun, Anda juga harus menyadari bahwa Anda akan mengambil jumlah kursus yang sama seperti yang Anda temukan dalam program 2 tahun, seperti di Cambridge Judge Business School, dalam jangka waktu yang lebih singkat – (12 bulan) atau 4 semester. Artinya, selama masa kuliah tersebut, waktu Anda akan sangat sibuk dan beban kerja Anda akan sangat padat. Waktu Anda akan menjadi lebih berharga.

READ  Jakarta menjadi tuan rumah Dialog Keamanan India-india ke-2

Untuk menghadapi situasi ini, Anda harus pandai dalam manajemen waktu dan prioritas. Anda mungkin menemukan peluang untuk melakukan apa pun yang ingin Anda lakukan selama program MBA, namun terkadang terlalu banyak peluang menarik yang bertentangan dengan jadwal Anda. Ketika ini terjadi, jujurlah tentang peluang mana yang paling sesuai dengan prioritas MBA Anda dan pilihlah peluang itu. Kelola rasa takut Anda akan ketinggalan (FOMO) karena dalam jadwal Anda, melewatkan sesuatu adalah kenyataan yang harus Anda terima.