POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Malang siapkan layanan trauma untuk korban Kanjuruhan

Malang, Jawa Timur (Antara) – Pemerintah Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur menyiapkan tim untuk memberikan layanan pertolongan trauma kepada korban terinjak usai pertandingan sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang pada 1 Oktober 2022.

Usai mengunjungi Stadion Kanjuruhan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bupati Malang M. Sanusi mengatakan, pemkab telah menyiapkan layanan tersebut bekerja sama dengan Pemprov Jatim.

“Kemudian akan dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Ikatan Dokter. Itu disiapkan kemarin,” katanya di Malang, Rabu.

Mereka yang terkena musibah Kanjuruhan yang sedang sakit atau mengalami gangguan kesehatan bisa langsung berobat ke rumah sakit, ujarnya.

Korban Kemacetan Kanjuruhan Bisa Kunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan dan Korban Kota Malang Bisa Kunjungi RS Saibul Anwar.

“Semua biaya (pengobatan) gratis. Untuk Kabupaten Malang, Pemkab yang menanggung, dan korban yang berobat ke RS Saiful Anwar akan dituntun oleh Gubernur Jatim,” imbuhnya.

Ia mengatakan, Pemkab Malang telah membuka pusat informasi korban kanjuruhan di Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

“Pusat darurat masih buka,” katanya seraya menambahkan, secara umum kondisi korban di rumah sakit sudah mulai membaik.

Usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang ramai dikunjungi pada malam 1 Oktober lalu.

Aparat keamanan, termasuk anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara (Polri), menembakkan gas air mata untuk membubarkan penggemar yang marah, menyebabkan penonton yang panik meninggalkan stadion.

Dalam kekacauan berikutnya, banyak yang meninggal atau terluka. Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, 131 orang meninggal dunia dan 440 orang luka ringan serta 29 orang luka berat akibat terinjak-injak di Stadion Kanjuruhan.

Berita Terkait: Presiden Jokowi telah memerintahkan penyelidikan atas tragedi sepak bola Malang
Berita Terkait: Pemerintah telah memberikan santunan kepada ahli waris korban Kanjuruhan

READ  Polisi memeriksa 3 saksi terkait runtuhnya gedung sekolah Palembang