POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Makanan Kaya Vitamin B12: 7 Makanan yang Memberi Anda Energi

Merasa lesu dan lesu? Apakah Anda menderita kehilangan nafsu makan? Biarkan kami memberi tahu Anda – di sinilah seluruh tubuh Anda mengingatkan Anda akan satu nutrisi penting yaitu Vitamin B12. Ini adalah salah satu nutrisi paling vital yang dibutuhkan tubuh kita untuk berfungsi aktif. Sekarang, Anda pasti bertanya-tanya, apa saja nutrisi itu? Vitamin B12, juga dikenal sebagai cobalamin, adalah nutrisi penting yang membantu meningkatkan metabolisme dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini ditemukan secara alami di banyak makanan nabati, unggas, makanan laut, dan banyak lagi.

Baca juga: 22 jenis vitamin dan mineral yang tidak Anda ketahui kebutuhan tubuh Anda

Namun, vegetarian dianggap berisiko mengalami kekurangan vitamin B12 karena pembatasan konsumsi unggas dan produk susu. Menurut Dr. Ritika Smdar dari Max Healthcare, Saket, New Delhi, “Vegetarian atau vegan harus berkonsultasi dengan ahli medis dan juga mengonsumsi multivitamin dan suplemen B12 secara teratur untuk memastikan fungsi aktif tubuh. Selain itu, makanan yang diperkaya vitamin seperti sebagai (produk gratis) juga dapat ditambahkan. dari susu, biji-bijian, tahu, dll) ke pola makan vegan Anda, setiap hari.”

Mengingat pentingnya vitamin B12 dalam tubuh, kami membawakan Anda daftar makanan yang sarat dengan nutrisi sehat ini. Dan bagian terbaiknya adalah makanan ini mudah tersedia di rumah untuk konsumsi sehari-hari. Baca terus.

Berikut adalah daftar tujuh makanan kaya vitamin B12 untuk Anda:

1. ikan

Ikan adalah sumber yang kaya vitamin B12. Anda bisa makan tuna, salmon, sarden, trout, dan banyak lagi. Menurut USDA, secangkir atau 150 gram sarden yang dikeringkan menyediakan 554% vitamin B12, dan salmon menyediakan protein dalam jumlah tinggi, dengan sekitar 40 gram dalam setengah fillet (178 gram).

READ  Penjelajah Mars Perseverance NASA mengambil gambar formasi batuan unik di 'dasar danau kuno'

2. Susu

Susu juga merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik, oleh karena itu para ahli menyarankan konsumsi susu setiap hari untuk mencegah kekurangan vitamin B12. Selain itu, susu juga merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang dapat diandalkan. Vegetarian sering disarankan untuk menggantinya dengan susu kedelai. Menurut USDA, satu cangkir susu kedelai menyediakan 45% vitamin B12 yang direkomendasikan.

Kredit gambar: iStock

3. Yoghurt

Yogurt juga dikenal sebagai produk susu populer lainnya yang mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang baik, juga kaya akan kalsium, vitamin D, dan probiotik lainnya.

4 butir telur

Di sini semuanya datang. Telur adalah sumber protein dan vitamin lengkap yang hebat – terutama vitamin B12 dan B2. Menurut www.healthlinkbc.ca, dua telur rebus besar memiliki hampir 1,6 mcg vitamin B12.

m6tjcpro

5. Sereal yang diperkaya

Sereal yang diperkaya adalah cara terbaik bagi vegetarian untuk mendapatkan asupan harian vitamin B12. Ingin tahu apa saja makanan yang diperkaya? Nah, fortifikasi adalah proses penambahan nutrisi pada makanan yang belum ada. Makanan seperti sereal, ragi nutrisi, dan tahu adalah sumber vitamin B12 yang bagus untuk vegetarian.

6. Ayam

Selain kaya akan protein, ayam juga mengandung vitamin B12. Menurut www.healthlinkbc.ca, 75 gram kalkun panggang atau ayam akan memenuhi 0,3 mcg vitamin B12.

Ayam bakar 625

7. Ragi nutrisi

Ini adalah makanan favorit semua vegetarian, terutama vegetarian. Ini adalah bahan yang populer, sering digunakan dalam masakan vegetarian, untuk memberikan rasa yang lebih keju dan pedas pada makanan. Menurut USDA, 2 sendok makan atau 15 gram ragi nutrisi mengandung hingga 733% dari Nilai Harian untuk vitamin B12.

Sangat penting untuk memilih sumber vitamin yang tepat dan memasukkannya secara memadai ke dalam diet Anda. Tetapi selalu ingat bahwa moderasi adalah kuncinya. Makan makanan sehat, dan tetap bugar.

READ  Biologi sintetis memungkinkan mikroba untuk membangun otot

Penafian: Konten ini termasuk tip hanya memberikan informasi umum. Ini sama sekali bukan pengganti pendapat medis yang memenuhi syarat. Selalu konsultasikan dengan spesialis atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut. NDTV tidak mengklaim bertanggung jawab atas informasi ini.