POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lulusan Indonesia di luar negeri dapat membawa pulang keuntungan ekonomi

Lulusan Indonesia di luar negeri dapat membawa pulang keuntungan ekonomi

Singapura. Lulusan Indonesia di luar negeri dapat membawa manfaat ekonomi ke tanah air, karena negara ini berusaha untuk menjadi salah satu dari lima ekonomi terbesar di dunia pada usia seratus tahun pada tahun 2045.

Menurut Direktur British Council di Indonesia, Samar Chia, penelitian menunjukkan bahwa belajar di luar negeri dapat meningkatkan prospek kerja lulusan.

“Mahasiswa yang memiliki pengalaman belajar di luar negeri lebih baik dalam hal pekerjaan. Mereka cenderung mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan maju lebih baik karena mereka dapat memanfaatkan sistem,” kata Xia kepada wartawan Indonesia di sela-sela acara Going Global Asia Pacific 2022. konferensi di Singapura pada hari Selasa.institusi pendidikan lainnya seperti Inggris.

“Ini akan memastikan bahwa generasi masa depan di Indonesia akan lebih kompetitif dan siap kerja. Sebagai imbalannya, mereka akan dapat berkontribusi lebih banyak untuk pertumbuhan ekonomi negara,” ujarnya.

Pendidikan internasional juga sejalan dengan visi Presiden Joko “Jokowi” Widodo tentang pengembangan sumber daya manusia, menurut Chia.

Presiden Jokowi mengatakan dalam Pidato Kenegaraan bahwa Indonesia sangat perlu fokus pada pembangunan sumber daya manusia.Untuk memiliki tenaga kerja terampil yang dibutuhkan oleh pertumbuhan ekonomi, mahasiswa yang telah memperoleh pengalaman dan kualifikasi dari luar negeri akan dapat menggunakan keahliannya untuk berkontribusi pada berbagai sektor dalam masyarakat, kata Shea.

British Council melaporkan bahwa 3.000 pelajar Indonesia terdaftar di universitas Inggris setiap tahunnya. Xia juga mengatakan bahwa studi teknik, ilmu komputer, dan bisnis adalah beberapa pilihan terbaik untuk mahasiswa Indonesia. Namun minat terhadap industri kreatif dan disiplin ilmu yang berkaitan dengan ekonomi kreatif seperti seni pertunjukan semakin berkembang.

Namun, gerakan mahasiswa bersifat dua arah. Manfaat ekonomi tidak hanya datang dari mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri. Pelajar Inggris yang belajar di universitas Indonesia juga dapat menawarkan manfaat ekonomi – manfaat langsung.

READ  Pertumbuhan PDB Indonesia diperkirakan akan melambat pada kuartal ketiga seiring meredanya virus corona - jajak pendapat Reuters | 790 KFGO yang perkasa

dengan [Indonesian overseas graduates] Pengalaman dan hal lain yang kami lakukan di British Council untuk mendukung kemitraan pendidikan tinggi antara Indonesia dan Inggris, universitas Indonesia juga meningkatkan kualitas pendidikan serta peringkat global mereka. Ini akan memungkinkan mereka untuk menarik lebih banyak siswa untuk belajar di Indonesia.”

“Ini adalah sesuatu yang didukung pemerintah Inggris melalui Turing Scheme, yang akan mendukung pelajar Inggris untuk belajar di luar negeri, termasuk ke Indonesia. Ini kemudian membawa manfaat ekonomi langsung ke Indonesia dengan membuat mereka datang dan belajar.” [in Indonesia]. “

Kemitraan pendidikan tinggi dalam bentuk kolaborasi antar peneliti juga dapat diterjemahkan ke dalam pertumbuhan ekonomi.

“Agar mereka dapat menemukan solusi yang lebih kreatif dan inovatif untuk mengatasi beberapa masalah paling mendesak yang dihadapi dunia atau Indonesia seperti perubahan iklim, energi terbarukan, sehingga kami dapat mendukung sektor-sektor penting yang dibutuhkan Indonesia ini berkembang untuk menumbuhkan perekonomiannya.”