POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lima Tempat Hiburan Cantik di Kuningan untuk Liburan Keluarga

Tempo.co, Jakarta – Tidak banyak yang berpikir Gunningen Sebagai tujuan liburan. Namun kabupaten di Jawa Barat yang didukung oleh alamnya yang indah ini sebenarnya memiliki banyak sekali tempat wisata, terutama wisata air di jantung hutan yang indah.

Dari air terjun, danau, hingga taman, ada di sini Itu temponya Memilih tempat terbaik di Kuningan untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

  1. Laguna Biru Siserem

Terletak di desa Kadwela di distrik Basawahan, Siserem Blue Lagoon menarik banyak orang dengan airnya yang biru jernih sehingga pengunjung dapat melihat warna-warni ikan yang hidup di dalamnya. Sambil menikmati keindahan alam dan sejuknya angin, para pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukan di sini. Daerah ini juga memiliki banyak hal menyenangkan untuk dinikmati

  1. Guru Putri

Krug Putri yang artinya Air Terjun Putri ini terletak di kaki Gunung Siremai di Chikukur, kawasan Sisantana. Air terjun yang relatif tidak berubah dari keadaan alaminya ini menyambut pengunjung dengan segarnya air dan suasana alam yang tenteram diiringi kicauan burung, gemerisik angin, gemericik air yang lembut.

  1. Desa Wisata Sibuntu

Masih di kaki Bukit Siremai, Desa Wisata Sibundu terletak di Kecamatan Basavahan. Dinobatkan sebagai Desa Wisata Asrama Terbaik ASEAN pada tahun 2016, dan menduduki peringkat kedua Desa Wisata Terbaik dalam penghargaan bergengsi Community-Based Tourism (CBT) Award pada tahun 2017 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Desa ini memiliki banyak tempat menarik seperti Air Terjun Gongcheng yang tingginya mencapai 20-25 meter dan memiliki kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Sibundu juga merupakan rumah bagi Situs Warisan Budaya Bujal Dayu. Situs ini berisi banyak monumen kuno seperti peti mati batu dan cetakan tangan.

  1. Kebun Buah Naga Kuning
READ  Cadangan devisa Agustus: US$132,2 miliar di BI

Buah naga kuning merupakan varietas yang langka dan relatif kurang dikenal masyarakat dibandingkan buah naga merah. Untuk mempromosikan keanekaragaman, pemerintah Kabupaten Kuningan meluncurkan Kebun Buah Naga Kuning sebagai destinasi agrowisata baru. Terletak di Desa Sanganhurip Kuningan, taman ini tersebar di lahan seluas 2,5 hektar dengan ditanam sekitar 4.500 pohon buah naga kuning.

  1. Situ Valkut

Danau Walukut dianggap sama indahnya dengan Danau Ranu Kumpolo di Gunung Semeru, Jawa Timur. Danau seluas 1,2 hektar ini terletak di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, dalam kawasan Perusahaan Umum Kehutanan (Perum Perudhani) Pemerintah Daerah Kuningan.

Awalnya, danau ini hanya sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar dan untuk pengairan sawah. Namun keindahan alamnya menarik banyak pengunjung yang datang untuk menikmati pemandangan yang dikelilingi hutan pinus yang indah.

Mila Novita

Seleksi Guru: Objek wisata di Kuningan dan Sirabone memiliki kunjungan wisatawan tertinggi

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News