POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lima kebakaran di kilang Pertamina dalam 3 tahun terakhir

Tempo.co, JakartaKilang minyak Pertamina di Balikpapan, Kalimantan Timur, kembali terbakar pada Sabtu, 25 Mei lalu, sekitar pukul 07.30 waktu setempat. Tahun 2022 ini merupakan kebakaran ketiga di kilang minyak Balikpapan setelah dua kali kejadian pada 4 Maret dan 15 Mei 2022.

Bayu Arafat, General Manager Divisi Kilang Pertamina Internasional (KPI) Balikpapan, mengatakan kebakaran terjadi di area kilang sehingga tidak berdampak pada masyarakat sekitar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kebakaran yang terjadi pada hari Sabtu ini menambah daftar panjang kebakaran di kilang dan depo Pertamina dalam beberapa tahun terakhir. Berikut lima kejadian kebakaran kilang minyak Pertamina dalam dua hingga tiga tahun terakhir:

1. Kebakaran Kilang Pertamina di Dumai, Riau

Kebakaran yang terjadi di Kilang Pertamina Unit II Dumai, Provinsi Riau, Sabtu, 1 April 2023 sekitar pukul 22.40 menyebabkan lima pekerja luka-luka. Api berhasil dipadamkan pada pukul 22.54 di hari yang sama tanpa menimbulkan kerusakan besar pada operasi pembersihan atau lingkungan sekitar.

2. Kebakaran di Depo Plumbang Pertamina di Jakarta Utara

Kebakaran terjadi di depo Pertamina Plumpang pada Jumat malam, 3 Maret 2023. Api merambat dari pompa bensin yang ada di kompleks tersebut dan merambat ke rumah warga yang tinggal di sekitar depo. Sebanyak 17 orang tewas dalam kebakaran tersebut, termasuk dua anak-anak, dan 50 lainnya luka-luka.

3. Kebakaran kilang Pertamina di Balikpapan, Kalimantan Timur

Dua tahun sebelum kejadian hari Sabtu, terjadi kebakaran di kilang minyak Pertamina di Balikpapan pada 15 Mei 2022. Kebakaran terjadi di 5 unit kompleks hydro skimming pabrik tersebut, yang memproduksi bahan baku produk bensin seperti Bertalite dan Bertamax, menewaskan satu pekerja dan melukai lima lainnya.

READ  Kandidat Presiden dan Wakil Presiden 2024 Diumumkan - Indonesia Expat

Tiga bulan sebelumnya, tepatnya pada 4 Maret 2022, terjadi kebakaran di kilang yang sama akibat adanya flash fire pada inlet tabung B Finfan coolant hydrocracker di Refinery Unit (RU) V Balikpapan.

4. Kebakaran Kilang Minyak Unit IV Pertamina di Cilacap

Kilang Cilacap milik PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV mengalami dua kali kebakaran pada tahun 2021. Peristiwa pertama terjadi pada 11 Juni pukul 19.45 ketika tangki T39 berisi benzena yang digunakan sebagai bahan baku produk petrokimia terbakar. Pada pukul 19:10 tanggal 13 November, kebakaran terjadi di 36 tangki T-102 yang berisi 31.000 kiloliter komponen produk Bertalite.

5. Kebakaran Kilang Minyak RU VI di Balongan, Indramayu

Kebakaran yang terjadi pada pukul 01.15 tanggal 29 Maret 2021 disebabkan oleh kebocoran gas yang terjadi sekitar dua jam sebelumnya. Tiga unit tangki produk premium terbakar dalam insiden tersebut, menewaskan satu orang dan melukai 14 orang, lima di antaranya kritis.

Tempo.co

Pilihan Editor: 7 Pemimpin Dunia Tewas dalam Kecelakaan Pesawat; Ebrahim Raisi yang terbaru

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News