POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lapangan Upacara di Ibu Kota Baru 90% Selesai: Menteri Hadimuljono

Lapangan Upacara di Ibu Kota Baru 90% Selesai: Menteri Hadimuljono

Nusantara, Kalimantan Timur (Antara) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengumumkan pembangunan lapangan upacara di ibu kota negara baru, Nusantara, sudah rampung 90 persen.

Kementerian menargetkan selesainya lapangan upacara pada Juni 2024 – tempat upacara peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus.

Kapasitas lapangannya 8 ribu orang. Penyelenggara acaranya Sekretariat Negara dan Sekretariat Presiden, kata Menkeu saat meninjau infrastruktur di Istana Kepresidenan Nusantara, Kalimantan Timur, Senin.

Pada perayaan HUT Kemerdekaan, para tamu undangan dapat memanfaatkan empat gedung Kementerian Unifikasi dan 12 tower Perumahan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan segera selesai dibangun.

Makanya upacara mutasi ASN ditunda, ujarnya.

Menteri menjelaskan, baru 70 persen pekerja konstruksi yang kembali bekerja setelah musim libur Idul Fitri 2024 menjadi salah satu penyebab lambatnya pembangunan lapangan seremonial tersebut.

Untuk mengatasinya, Kementerian telah menyediakan pesawat Hercules untuk menampung pekerja yang ingin kembali bekerja dalam rangka pembangunan ibu kota baru.

Ia juga mengungkapkan, rumput yang digunakan di lapangan upacara merupakan jenis Zoysia Medrella yang biasa digunakan di lapangan sepak bola.

Sebelumnya, Hadimuljono memastikan pasokan air di Nusantara sudah dipastikan aman sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai bekerja di ibu kota baru yang diperkirakan akan dibuka pada Juli mendatang, beserta bandara dan gerbang bea cukai.

BERITA TERKAIT: Hak kepemilikan tanah diberikan di Nusantara, Indonesia: Papenas
Berita terkait: Menteri berharap pariwisata Kalimantan mendapat manfaat dari IKN

READ  Komunitas suku Malaysia 'berharap' dalam sengketa pendaftaran | Berita Lingkungan