POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Langkah strategis bagi startup teknologi mendalam untuk berkembang dalam inovasi.

kiriman tamu

Ditulis oleh Mark MJ Scott

Presiden Piksel Utara.

Kurangnya talenta ilmiah dan teknik, dibandingkan dengan permintaan dari dunia teknologi, menghambat ribuan startup. Kekurangan ini berdampak negatif pada pengembangan produk, pembiayaan, dan evaluasi. Untungnya, para pendiri startup dapat menerapkan strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Jika diterapkan dengan benar, strategi ini juga dapat memberikan manfaat tambahan yang menguntungkan.

Di setiap tahap, terutama pada tahap pengembangan awal, para pendiri startup teknologi menghadapi tantangan sehari-hari dalam memprioritaskan sumber daya untuk mencapai tujuan mereka. Mengingat banyaknya tantangan yang dihadapi oleh startup, menentukan bagaimana mengalokasikan sumber daya dari satu tantangan ke tantangan lainnya menjadi tugas yang kompleks. Hal ini sering mengakibatkan beberapa tantangan tidak diatasi, sehingga dapat menimbulkan konsekuensi yang lebih serius dari yang diperkirakan.

Para pendiri yang sukses unggul dalam menganalisis berbagai tantangan yang mereka hadapi dan menyusun strategi unik yang dapat mengatasi banyak masalah sekaligus. Kemampuan beradaptasi ini merupakan keterampilan bertahan hidup yang penting bagi para pendiri startup.

Dalam artikel ini, saya berpendapat bahwa persaingan yang ketat untuk mendapatkan talenta peneliti elit terkait erat dengan dua tantangan utama lainnya yang dihadapi para pendiri startup teknologi: mendapatkan pendanaan dan mengembangkan strategi untuk kesuksesan komersial di masa depan. Dengan mengalokasikan sumber daya secara bijak dan menjalankan strategi yang direncanakan dengan cermat, para pendiri dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan di ketiga bidang tersebut.

Untuk membuktikan argumen saya, saya akan menguraikan faktor-faktor utama yang dipertimbangkan para peneliti senior ketika memutuskan startup teknologi mana yang akan mereka ikuti. Khususnya, faktor-faktor ini selaras dengan kriteria yang digunakan investor teknologi dalam untuk mengevaluasi dan memilih perusahaan untuk portofolio mereka.

READ  In Memoriam: Dari BlackBerry ke iPod, Teknologi Kami Telah Hilang di 2022

Peluang untuk inovasi dan penelitian mutakhir:

Potensi kesuksesan komersial suatu produk seringkali bergantung pada kebaruan, kemajuan teknologi, dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Mereka cenderung lebih tertarik pada startup yang menunjukkan visi yang jelas mengenai produk mereka dan diferensiasi di pasar, karena faktor-faktor ini menunjukkan kelayakan komersial produk tersebut.

Pengembangan karir dan peluang pertumbuhan:

Kesuksesan komersial suatu produk dapat sangat memengaruhi jalur karier seorang peneliti. Mengerjakan produk yang sukses dapat menghasilkan pengakuan profesional, peluang kemajuan, dan pengembangan jaringan profesional yang kuat. Oleh karena itu, indikator awal kesesuaian pasar produk dapat menjadi faktor penting bagi para peneliti yang juga mempertimbangkan pertumbuhan jangka panjang dan pengembangan karier mereka.

Insentif keuangan dan kesetaraan:

Bagi banyak peneliti, imbalan finansial yang terkait dengan kesuksesan komersial suatu produk merupakan pertimbangan penting. Startup sering kali menawarkan saham atau opsi saham sebagai bagian dari paket kompensasi mereka, dan nilai opsi ini dapat dikaitkan langsung dengan kinerja perusahaan di pasar. Dengan demikian, indikator awal keberhasilan suatu produk dapat mempengaruhi penilaian kandidat terhadap keuntungan finansial bergabung dengan sebuah startup.

tugas beresiko:

Bergabung dengan sebuah startup memiliki sejumlah risiko, terutama dalam hal keamanan kerja dan stabilitas perusahaan. Para peneliti cenderung mengevaluasi potensi keberhasilan komersial suatu produk sebagai indikator kelangsungan hidup startup secara keseluruhan dan risiko yang terkait dengan peran tersebut. Startup yang dapat menunjukkan rencana masuk ke pasar yang jelas dan advokasi pelanggan sejak dini sering kali dianggap kurang berisiko dan lebih menarik bagi talenta papan atas.

Rancang strategi bakat Anda untuk membantu mengatasi banyak tantangan sulit.

Konvergensi kepentingan antara peneliti teknologi terkemuka dan investor menyoroti kebutuhan mendesak bagi para pendiri untuk menetapkan dan melaksanakan strategi komersialisasi di awal siklus pengembangan produk.

READ  Jalur teknologi melebar saat orang mati tenggelam setelah hasilnya

Startup perlu membuat situs web perusahaan yang jelas dan ringkas yang menjelaskan tantangan yang dihadapi industri dan menargetkan pembeli, menawarkan solusi unik terhadap tantangan tersebut, mendefinisikan proposisi nilai, dan mengkomunikasikan misi perusahaan. Walaupun terlihat intuitif, banyak startup yang tidak memiliki landasan yang jelas dan terkini, sehingga menyebabkan prioritas yang tidak seimbang dan hilangnya peluang.

Berdasarkan posisi dasar ini, penting untuk membangun kredibilitas melalui dukungan dari pemimpin opini teknis, pemberi pengaruh industri, dan klien potensial. Mengintegrasikan dukungan ini dengan PR strategis dan rencana komunikasi kontekstual sangat penting untuk memperkuat pesan startup. Strategi seperti ini berguna dalam menciptakan kumpulan talenta, investor, dan pelanggan masa depan yang kuat, yang pada gilirannya memperkuat merek startup, mempercepat proses pengembangan, dan mengamankan keunggulan strategis dibandingkan pesaing jauh sebelum tahap komersialisasi.

Tentang Penulis:

Mark M.J. Scott adalah presiden Perusahaan Piksel Utara. Sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam meningkatkan dan mempercepat kesuksesan startup teknologi mendalam. Mark telah memainkan peran kepemimpinan dalam beberapa kesuksesan teknologi yang besar, termasuk perusahaan enkripsi yang diakuisisi oleh AppDirect, sebuah perusahaan optik dan fotonik yang diakuisisi oleh Toyota, dan platform aplikasi Enterprise Low Code perintis, TrueContext, yang diakuisisi oleh Battery Ventures pada tahun 2024. Dia dipekerjakan oleh Quantum Innovation Zone milik pemerintah Kanada di Quebec, dengan pendanaan $435 juta, untuk mengembangkan strategi bisnis guna meningkatkan kesuksesan startup.