POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kualifikasi untuk Grand Prix Portugal 2021: Bottas menyangkal Hamilton start ke-100 di Formula 1 sementara Mercedes menutup barisan depan di Portimao

Valtteri Bottas membuat Lewis Hamilton menunggu di posisi ke-100 saat mengalahkan rekan setimnya di Mercedes dengan selisih tipis untuk menjadi pusat perhatian di Grand Prix Portugal.

Finn mengatur kecepatan pada ban lunak setelah putaran pertama, mengalahkan Hamilton dengan 0,007 detik, dengan Mercedes memilih untuk mengirim kedua mobil di tengah, yang tampak lebih cepat di putaran kedua.

Namun, angin bertiup kencang di putaran kedua, dan keduanya gagal untuk meningkatkan, yang berarti Bottas akan menjadi center ketiga yang berbeda di banyak balapan musim ini, dengan Mercedes menutup baris pertama 71 dengan mudah.

Max Verstappen, yang menang dari posisi ketiga di net terakhir kali, berakhir di posisi ketiga lebih cepat – setelah dipaksa berdiri di kaki belakang ketika lap terbaiknya dihilangkan karena pelanggaran batas lintasan.

1


Valtre
kalium karbonat
Bot
Mercedes
1: 18.348
2


Lewis
Hamilton
Babi
Mercedes
1: 18.355
3


di atas
Verstappen
Menonton
Balap Banteng Merah
1: 18.746
4


Sergio
Perez
untuk setiap
Balap Banteng Merah
1: 18.890
5


Carlos
Sainz
Otoritas Tertinggi untuk Pengawasan Keuangan dan Akuntansi
Ferrari
1: 19.039

Karier keduanya cukup bagus untuk menempati posisi ketiga, terpaut 0,4 detik, sementara rekan setimnya di Red Bull, Sergio Perez, berada di urutan keempat.

Carlos Sainz adalah yang terbaik dari yang lain di tempat kelima, dan pembalap Ferrari membutuhkan beberapa poin untuk mencapai kuarter ketiga setelah melakukan kesalahan di karir tengahnya di kuarter kedua tetapi menyatukan mereka saat itu penting, mengalahkan Alpine dari Esteban Ocon dengan hanya 0,003 detik.

Lando Norris gagal untuk meniru kecepatan impresifnya di paruh pertama dan kedua kualifikasi, ketika ia membuat marah dari tiga besar, dan berakhir di urutan ketujuh dalam balapan ketiga berturut-turut – tapi itu jauh dari rekan setimnya di McLaren Daniel Ricciardo yang keluar secara mengejutkan di Q1.

Charles Leclerc finis tiga persepuluh di belakang rekan setimnya Sainz di tempat kedelapan, di depan Pierre Gasly, saat Sebastian Vettel menyelesaikan serangkaian kegagalan selama 15 balapan untuk mencapai kuarter ketiga dengan menutup sepuluh besar.

Kualifikasi Piala Dunia 2021 Portugis: Ricardo merespons setelah KO di kuarter pertama

Saat itu terjadi

Q1 – Ricardo tersingkir untuk pertama kalinya sejak Jepang 2019

Hamilton menempatkan dirinya di bawah sedikit tekanan ketika dia melarikan diri pada tikungan pertama di Portimao dan ketika dia melewati batas lintasan, tuan rumah waktu itu menghapus keunggulannya.

Tapi pemimpin turnamen berkumpul kembali untuk memotong lap lain di grup yang sama yang cukup nyaman untuk dilewati, dan rekan setimnya Bottas adalah yang tercepat yang pernah ada.

Lawannya di Red Bull Perez kehilangan ujung belakang di Tikungan 4, mendorongnya ke kerikil, tetapi pulih ke konten pit karena tahu waktu sebelumnya akan cukup baik untuk membuat kuarter kedua.

Kualifikasi GP Portugal 2021: Perez meluncur ke kerikil di kuarter pertama

Saat sesi berlanjut, lintasan menjadi semakin cepat, dengan Sebastian Vettel melompat dari posisi ke-15 – dalam gelembung – ke tempat keempat yang terkenal, yang akhirnya menjadi kedelapan.

Tapi rekan setimnya di Aston Martin Lance Stroll tidak seberuntung itu, petenis Kanada itu – yang menerima satu-satunya paket peningkatan baru akhir pekan ini – tersingkir di urutan ke-17.

Itu bukan kejutan terbesar, dengan Daniel Ricciardo absen dari pemotongan di tempat ke-16, menyelesaikan hari itu lebih dari satu detik lebih lambat dari rekan setimnya di McLaren Lando Norris, yang finis kedua secepat yang dia bisa, dalam eliminasi pertamanya di babak penyisihan. kuartal pertama sejak balapan. Grand Prix Jepang 2019 ..

Baca lebih lanjut: “Bukan hasil yang saya puas sama sekali” – Ricardo bingung menjelaskan keluarnya “suram” dari kuarter pertama di Portugal

Esteban Ocon meningkat di akhir keunggulan, dengan George Russell hanya membuat P15, dengan Nicholas Latife, Mick Schumacher dan Nikita Mazepin tiga terakhir untuk KO pada kuarter pertama.

Pengusiran: Ricardo, Stroll, Latife, Schumacher, Mazepin

George Russell mencapai Q2 lagi untuk Williams

Q2 – Russell melewatkan sepuluh besar karena terkesan oleh Mercedes

Mercedes, Red Bull, Ferrari, Alfa Romeo dan Russell telah memilih untuk memimpin para mediator pada kuarter kedua, yang tampaknya menjadi ban terbaik untuk memulai balapan, bersama dengan yang lainnya.

Hamilton tidak membuat kesalahan yang sama dua kali, tetapi kali ini dia membuat lap bangunan diikuti oleh lap push bebas bug yang kuat, menyelam ke menit 1 dan 17 untuk mengatur kecepatan yang tidak dapat dikalahkan dengan nyaman.

Setelah putaran pertama, Russell, Tsunoda, Sainz, Giovinazzi dan Raikkonen berada di zona degradasi, dengan Norris bersinar lagi dengan posisi ketiga di belakang Mercedes.

1315426236
Lando Norris terlihat sangat cepat di Q1 dan Q2

Red Bull tampaknya tidak tampil jauh di belakang perantara seperti rival peraknya, dengan Verstappen dan Perez turun di tempat kelima dan keenam, tetapi itu cukup untuk mencapai kuarter ketiga.

Vettel finis di 10 besar untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Inggris tahun lalu, dengan waktu tercepat kesembilan, karena Sainz harus beralih ke lapangan yang lemah untuk maju ke posisi ketujuh, sedikit di belakang rekan setimnya di level menengah Leclerc.

Russell melewatkan kuarter ketiga hanya dengan 0,05 detik dan akan start di urutan ke-11, di atas Antonio Giovinazzi dari Alfa Romeo dan Fernando Alonso di Pegunungan Alpen, yang berjarak satu detik dari rekan setimnya Okon. Yuki Tsunoda dan Kimi Raikkonen juga gagal lolos.

Pengusiran: Russell, Giovinazzi, Alonso, Tsunoda, Raikkonen

1315631747
Fernando Alonso dikalahkan oleh rekan setimnya di Alpine, Esteban Ocon

Q3 – Bottas menyelesaikan pekerjaan karena Red Bull gagal bersinar

Mayoritas lapangan memilih untuk melakukan pra-putar untuk mendapatkan panas pada ban lunak mereka sebelum melakukan push lap, tetapi Verstappen bukan salah satunya, karena pelatih asal Belanda itu memilih untuk membelah.

Sayangnya, dia kehilangan bagian belakang di puncak bukit di Tikungan 4, membuatnya begitu jauh sehingga dia melewati batas trek dan waktu yang akan menjadi puncak klasemen telah dihilangkan.

Di belakangnya, Mercedes tidak melakukan kesalahan, saat Bottas memenangkan pertarungan pertama, mengalahkan Hamilton dengan selisih terkecil. Kemudian mereka beralih ke ban medium, yaitu karet yang paling cepat mereka pakai akhir pekan ini.

Tak satu pun dari mereka berhasil menjadi lebih baik, sebagian besar berkat kecepatan angin yang tinggi, yang membuat berkendara di permukaan yang sangat licin semakin sulit, yang berarti Bottas merebut tiang pertamanya sejak Grand Prix Sakhir tahun lalu.

Verstappen dan Perez finis pertama dan kedua dari Red Bulls untuk balapan kedua berturut-turut, dengan Sainz menyalip Leclerc untuk pertama kalinya di Ferrari dengan tempat kelima.

Kualifikasi Piala Dunia 2021 Portugis: Bottas menjadi pusat perhatian di Portimao

Kutipan utama

“Rasanya menyenangkan menjadi yang pertama,” kata Bottas, yang finis ketujuh belas dalam karirnya. “Rasanya sudah lama, jadi menyenangkan bisa menjalani playoff yang bagus. Itu adalah kelemahan saya di dua balapan pertama, dalam pengoperasian ban.”

“Tapi sekali lagi, kami bekerja keras akhir pekan ini dan senang melihat hasilnya. Itu membuat saya dalam kondisi yang baik untuk besok.”

Apa berikutnya?

Grand Prix Portugis akan dimulai pada 1500 waktu setempat, yaitu 1200 UTC. Bottas memimpin, tetapi bisakah dia menangkis pesaing utama Lewis Hamilton dan Max Verstappen dan mengubahnya menjadi kemenangan pertamanya sejak Grand Prix Rusia tahun lalu?

READ  Perubahan penting pada W-League datang dengan pembukaan gabungan 'Kejuaraan Klub'