POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

KTT Investasi AS-Indonesia ke-10 menyerukan reformasi ekonomi yang berkelanjutan

Washington, D.C./Jakarta, Indonesia – Kamar Dagang Amerika di Indonesia dan Kamar Dagang Amerika hari ini menjadi tuan rumah KTT Investasi AS-Indonesia ke-10 di Jakarta. Acara diakhiri dengan seruan kepada Indonesia untuk melanjutkan program reformasi ekonominya, khususnya di bidang-bidang utama seperti ekonomi digital, kesehatan masyarakat, transisi energi, dan jasa keuangan.

A. berkata. Lynn Newman, Managing Director AmCham Indonesia, mengatakan, “Indonesia telah membuat langkah nyata di bawah Presiden Joko Widodo dalam reformasi regulasi dan infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir.” Namun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bidang kepastian hukum, pendidikan dan bidang lainnya. Kami di sini untuk menawarkan dukungan kami.”

Kamar Dagang AS dan Kamar Dagang AS di Indonesia, bersama Badan Pembangunan Internasional AS, hari ini merilis laporan berjudul “Indonesia yang teguh. Laporan tersebut membuat rekomendasi untuk memperkuat upaya reformasi ekonomi di Indonesia, termasuk:

  • meningkatkan koordinasi pemerintah untuk kepastian regulasi;

  • mempromosikan pembuatan kebijakan inklusif dari kerangka peraturan yang efektif;

  • mempercepat pemerataan pembangunan; Dan,

  • Rasionalisasi kebijakan konten lokal untuk memastikan daya saing institusi

“Keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah KTT B20 dan G20 telah memberikan dorongan bagi hubungan perdagangan dengan Amerika Serikat,” kata John Guerre, direktur eksekutif untuk Asia Tenggara di Kamar Dagang Amerika. “Sekarang adalah waktunya untuk memanfaatkan momentum itu.”

Selama KTT, para peserta membahas cara-cara untuk menangani prioritas kebijakan yang merupakan kunci untuk membuka lebih banyak perdagangan dan investasi antara Amerika Serikat dan Indonesia. Ini termasuk:

Ekonomi digital. Komunitas bisnis sangat mendukung pengembangan dan promosi ekonomi digital di Indonesia, yang akan sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi jangka panjang. RUU perlindungan data pribadi Indonesia yang baru-baru ini disahkan sangat masif, dan Kamar Dagang Amerika di Indonesia dan Kamar Dagang Amerika telah mendesak sektor swasta untuk terlibat erat seiring implementasinya bergerak maju.

Kesehatan masyarakat. Saat Indonesia pulih dari keterpurukan yang disebabkan oleh virus corona, sektor swasta bekerja sama dengan Indonesia untuk membuat kebijakan yang akan memajukan ketahanan kesehatan dan menyediakan akses yang lebih baik. Sayangnya, banyak pembatasan kandungan lokal yang bertentangan dengan tujuan kesehatan masyarakat di Indonesia karena membatasi masukan yang diperlukan untuk mengembangkan sektor ini dan merugikan pasien Indonesia dengan membatasi akses terhadap obat-obatan asing tertentu.

transmisi energi. Kesepakatan G20 dengan Indonesia merupakan upaya penting untuk membantu negara tersebut menyerap biaya yang sangat besar terkait dengan transisi energi. Penting agar kesepakatan tersebut dilaksanakan dengan penuh semangat dan, pada saat yang sama, Indonesia menciptakan lingkungan yang ideal yang akan mendorong investasi di proyek-proyek energi terbarukan dan berkelanjutan di hulu dan hilir.

layanan keuangan. Sektor swasta terlibat dengan pemerintah Indonesia saat Undang-Undang Reformasi Sektor Keuangan Komprehensif maju di badan legislatif. Secara khusus, perusahaan melacak bagaimana undang-undang baru dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan asuransi asing untuk menyediakan layanan asuransi di pasar Indonesia.

“Dengan transisi Indonesia ke Presidensi ASEAN 2023, Indonesia memiliki peluang penting untuk memposisikan diri sebagai pemimpin regional dalam mempromosikan reformasi ekonomi, menjaga pasar tetap terbuka, dan mendukung arsitektur perdagangan regional dan multilateral,” kata Goer.

Tentang KTT Investasi AS-Indonesia

KTT Investasi AS-Indonesia tahunan adalah acara unggulan di bawah “Prakarsa Indonesia”, sebuah upaya bersama antara Kamar Dagang AS di Indonesia dan Kamar Dagang AS.

KTT tahun ini dihadiri Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Kim, bersama beberapa menteri pemerintah Indonesia, termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Arilanga Hartarto; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjitan; Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika. Mahendra Sirigar, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK); Budi Gunade Sadikin, Menteri Kesehatan. Dan pejabat senior lainnya serta pemimpin bisnis.

READ  Jakarta Fashion Center untuk memajukan industri ekonomi kreatif bangsa