POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘kotak pasir’ model Thailand kembali ke pantai

Karena 20% ekonominya didasarkan pada pariwisata, Anda dapat mengharapkan pakar pemasaran Thailand untuk memimpikan slogan-slogan inovatif. Mereka telah memberi kami garis tangkap yang tahan lama seperti “Wonderful Thailand” dan “Soft Silk” untuk Thai Airways International. “Phuket Sandbox” terbaru menjadi pilar program pemulihan pariwisata negara itu pasca-Kovit-19. Thailand menginginkan syair yang bagus – dan “kotak pasir” tidak buruk. Ini merangsang daya tarik utama resor pantai dan cincin uji Pulau Phuket dari bagian lain Thailand.

Dalam dua minggu proyek Sandbox, pada pertengahan Juli ketika saya memasuki Aula Kedatangan Bandara Phuket, saya tidak memiliki lelucon Thailand atau trik pemasaran Thailand dalam pikiran saya. Kesempatan untuk mengarahkan pertarungan petugas yang memakai alat pelindung diri dari atas hingga ujung kaki itu sangat menegangkan.

Banyak dokumen yang harus diverifikasi — sertifikat masuk, bukti vaksinasi, pemesanan tes Covit-19, asuransi kesehatan, dan tanda terima pemesanan hotel — aplikasi harus diinstal dan diuji virus setibanya di bandara. Setelah penerbangan 11 jam dari London, prosesnya memakan waktu hampir dua jam.

Terlepas dari prosedur yang ketat, Kotak Pasir Phuket sukses bagi kami. Alternatif – 14 malam isolasi di kamar hotel Bangkok – sebelumnya mencegah kami kembali ke Thailand. Ketika kami memiliki 14 malam wajib menginap di Phuket (sekarang dikurangi menjadi tujuh), kami dapat berkeliling keluarga dari Bangkok yang hanya kami lihat di Zoom sejak Maret 2020. Penerbangan ke Bangkok dan tak lama setelah kami mendarat larangan minuman keras dimulai.

Kami memperpanjang masa tinggal kami selama empat minggu dan akhirnya menyewa sebuah van ke Bangkok selama 12 jam perjalanan. Tapi tidak semua orang sebahagia kotak pasir. Pemerintah Thailand mengumandangkan prestasinya, tetapi yang lain kurang percaya diri.

READ  Peringatan Hari Sumpah Pemuda Hari Kemenangan Pemuda : Menteri

Berasal dari Inggris, yang memberikan sekitar 106 dosis per 100 orang pada pertengahan Juni, Phuket menjamin tingkat cakupan tertinggi (sekitar 88 dosis per 100 orang). Tetapi preferensi untuk tusukan di Phuket lebih rendah daripada di bagian lain Thailand, dengan rata-rata hanya 10 dosis per 100 pada saat itu.

Meskipun proyek Sandbox memungkinkan pariwisata untuk dilanjutkan setelah ditutup untuk sebagian besar tahun 2020, jumlah pengunjung tetap rendah. Dalam tiga bulan hingga 30 September, ada sekitar 40.000 pengunjung, kurang dari 100.000 target dan lebih dari 1 juta kunjungan Phuket pada 2019 pada periode yang sama.

Orang-orang akan menikmati waktu di Pantai Phuket pada 19 September. © Reuters

Arti penting sebenarnya dari proyek Phuket adalah uji coba untuk melanjutkan pariwisata ke musim ramai akhir tahun di Thailand, jadi mungkin jumlahnya kurang penting. Tapi apakah ini model yang bagus?

Satu kekhawatiran adalah bahwa banyak tamu, seperti keluarga Anglo-Thai saya, memulangkan penduduk. Sebagian besar akan kembali ke Thailand, tetapi takut akan kemungkinan isolasi Bangkok. Kita semua bersalah karena mentransfer pendapatan dari Bangkok ke Phuket. Hotel kami memperkirakan bahwa 75% tamunya adalah penduduk yang kembali.

Saya bertemu keluarga turis asli dari Prancis. Mereka telah merencanakan dua minggu setelah pekerjaan kotak pasir Phuket di Hua Hin Beach Resort dekat Bangkok. Tetapi ketika penggunaan pesawat dan kolam renang di resor lain ilegal, mereka memutuskan untuk memperpanjang masa tinggal mereka di Phuket dan kemudian terbang pulang.

Regulasi yang paling mendasar adalah kebijakan pemerintah. Beberapa turis yang melompati banyak cincin untuk bermain di kotak pasir merasa kesal dengan masalah birokrasi, dan menemukan beberapa fasilitas seperti menghentikan penerbangan dan penjualan minuman keras.

READ  Menerapkan nilai-nilai Panchasila mendorong industri negara: Menteri

Namun, kotak pasir Phuket menarik minat yang cukup besar, terutama karena mereka pikir mereka harus memiliki edisi sendiri dari daerah resor utama lainnya di Thailand, meskipun aspirasi tersebut dapat berubah jika pemerintah menghapus isolasi untuk beberapa pelancong yang divaksinasi seperti yang direncanakan pada 1 November. Kotak pasir Phuket juga kurang relevan – bukti keberhasilan pengembangan jalur kebangkitan pariwisata selama epidemi.

Negara-negara lain di kawasan ini juga memperhatikan dengan seksama. Bali, Bindan dan Bawah Indonesia, Langkawi Malaysia dan Kepulauan Phu Quoc Vietnam semuanya berencana untuk dibuka melalui Kotak Pasir Phuket. Jepang sedang memikirkan hal serupa.

Meskipun model kotak pasir Phuket mungkin tidak menyelamatkan pariwisata Asia Tenggara, model ini menginspirasi industri dan memainkan peran kunci dalam menyatukan kembali keluarga seperti saya. Ini adalah bukti fakta bahwa elit pemasaran Thailand masih dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk menangkap dunia yang bermakna dalam kain pasir.

Simon Landy adalah penduduk lama Thailand