POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Korea Selatan dan blok Mercosur mengadakan pembicaraan FTA putaran keenam

(Yonhap)

Korea Selatan pada Selasa mengadakan putaran keenam pembicaraan perdagangan bebas dengan sekelompok negara Amerika Selatan, hampir setahun setelah jeda di tengah pandemi COVID-19.

Kedua belah pihak memulai pertemuan hampir empat hari untuk membahas rincian perjanjian perdagangan yang tertunda, menurut Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi. Pertemuan sebelumnya digelar di Uruguay pada Februari 2020.

Korea Selatan meluncurkan pembicaraan pertamanya dengan empat negara anggota blok perdagangan Amerika Selatan Mercosur – Brasil, Argentina, Paraguay dan Uruguay – pada 2018.

Keempat negara tersebut menyerap sekitar 70 persen penduduk Amerika Selatan, bersama dengan 68 persen perekonomian kawasan.

“Perjanjian perdagangan bebas dengan Mercosur akan membantu kedua pihak memperluas perdagangan dan investasi serta memperkuat hubungan ekonomi,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Korea Selatan sedang berupaya untuk memperluas portofolionya dari perjanjian perdagangan bebas sejalan dengan upaya untuk menangani proteksionisme.

Saat ini, Korea Selatan memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan 17 negara dan blok regional, termasuk Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Ada beberapa perjanjian perdagangan bebas yang saat ini menunggu persetujuan parlemen, termasuk perjanjian dengan Indonesia dan Kamboja.

Perekonomian No. 4 di Asia juga menunggu peluncuran Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), yang mencakup ASEAN dan mitra wicara-nya – Korea Selatan, Cina, Jepang, Australia, dan Selandia Baru. (Yonhap)

READ  Dua wanita akan dimintai pertanggungjawaban di bawah OSA atas kebocoran data COVID-19