POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Komite DPR RI menyetujui anggaran pemerintah 2022 sebesar $190 miliar

Komite DPR RI menyetujui anggaran pemerintah 2022 sebesar $190 miliar

JAKARTA (Reuters) – Komite anggaran parlemen Indonesia pada Selasa menyetujui anggaran Presiden Joko Widodo untuk tahun 2022 dengan total pengeluaran Rp 2.714 triliun ($ 190,40 miliar), mewakili defisit fiskal setara dengan 4,85% dari produk domestik bruto.

Ketua Komite Saeed Abdullah mengumumkan bahwa anggaran bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi tahun depan karena PDB ditetapkan untuk tumbuh sebesar 5,2%, mendekati pertengahan kisaran yang diusulkan 5,0%-5,5%, karena ekonomi terlepas dari dampak pandemi virus corona.

Pengeluaran yang disetujui sedikit lebih besar dari pengeluaran yang diusulkan presiden sebesar 2.708,7 triliun rupee pada Agustus, sementara total target pendapatan disetujui sekitar 1.846 triliun rupee untuk tahun depan.

Defisit 2022 lebih rendah dari perkiraan 5,82% tahun ini, dan Jokowi, seperti yang diketahui secara luas, mengatakan dalam proposal anggarannya bahwa itu meletakkan dasar untuk mengurangi defisit menjadi kurang dari 3% pada 2023 sesuai dengan undang-undang saat ini.

Sesi parlemen penuh masih diperlukan untuk memilih, tetapi persetujuan komite biasanya disahkan.

“Tahun depan merupakan tahun yang sangat penting bagi kami karena kami bertujuan untuk mempertahankan pemulihan ekonomi sementara di sisi lain kami melakukan upaya untuk memperbaiki situasi anggaran kembali dan mencapai konsolidasi fiskal pada tahun 2023,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada audiensi. .

Dia mengatakan kondisi ekonomi di tahun mendatang akan tetap “tidak pasti dan menantang” tidak hanya terkait dengan pandemi tetapi juga karena pengetatan kebijakan moneter yang diperkirakan akan dialami banyak negara.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu keluar dari resesi pada kuartal kedua tahun ini. Sementara momentum pemulihan dipengaruhi oleh pembatasan virus corona baru pada Juli, bank sentral mengatakan pekan lalu bahwa aktivitas domestik secara bertahap meningkat sejak pelonggaran pembatasan pada akhir Agustus.

READ  Perekonomian Indonesia mengalami kontraksi lebih lambat di kuartal pertama

($ 1 = 14.255 rupee)

Pelaporan oleh Francesca Nangue; Diedit oleh Martin Petty dan Ed Davies

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.