POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia mendesak pendekatan terkoordinasi untuk melindungi Rohingya di laut

Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia mendesak pendekatan terkoordinasi untuk melindungi Rohingya di laut

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Volker Türk hari ini menyerukan pendekatan regional yang terkoordinasi untuk melindungi ribuan Rohingya yang putus asa yang mempertaruhkan nyawa mereka dalam perjalanan laut yang berbahaya.

“Lebih dari 2.400 Rohingya telah berusaha untuk meninggalkan Bangladesh dan Myanmar sendirian pada tahun 2022, dan saya sangat sedih karena lebih dari 200 orang tewas dalam perjalanan. Laporan terbaru menunjukkan bahwa kapal yang penuh sesak dan tidak aman yang membawa Rohingya telah dibiarkan hanyut selama berhari-hari. Di akhir tanpa bantuan apa pun,” kata Turk.

“Saat krisis berlanjut di laut, saya mendesak negara-negara di kawasan untuk menerapkan mekanisme koordinasi untuk memastikan operasi pencarian dan penyelamatan proaktif, penurunan pengungsi Rohingya di tanah mereka dan perlindungan yang efektif,” tambahnya, mencatat bahwa beberapa negara telah melakukannya. memberikan bantuan.

Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia telah meminta negara-negara di kawasan dan dunia untuk membantu Bangladesh mendukung lebih dari satu juta pengungsi Rohingya yang mencari perlindungan di sana sejak 2017. Jelas, solusi mendesak harus ditemukan untuk memungkinkan pemulangan sukarela semua orang. Rohingya, dengan penghormatan penuh atas martabat dan hak mereka, tambahnya, kemanusiaan sebagai warga negara Myanmar yang penuh dan setara.

READ  Indonesia mencatat peningkatan jumlah kedatangan internasional