POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Klaim penarikan massal BAAC karena sistem dompet digital menyesatkan – Fact Crescendo Sri Lanka English

Klaim penarikan massal BAAC karena sistem dompet digital menyesatkan – Fact Crescendo Sri Lanka English

Pada 10 April, Bapak Lavarun Sangsnit, Sekretaris Kementerian Keuangan, mengungkapkan sumber pendanaan untuk proyek dompet digital 10,000 baht. Ia menyatakan, anggaran sebesar 500 miliar baht akan dialokasikan dari penyelenggaraan anggaran tahun 2024 dan 2025, yang dibagi menjadi tiga bagian:

  1. Anggaran 2025, dengan kontribusi 152,7 miliar baht
  2. Dana dari operasi melalui lembaga pemerintah berjumlah 172,3 miliar baht. Dana tersebut akan digunakan berdasarkan Pasal 28 Undang-Undang Disiplin Fiskal Negara, karena Bank Pertanian dan Koperasi Pertanian (BAAC) mengawasi kelompok 17 juta petani melalui mekanisme Pasal 28 APBN 2025.
  3. Anggaran pemerintah sendiri untuk tahun 2024 dengan kontribusi 175 miliar baht.

Menyusul pernyataan Kementerian Keuangan, beberapa pihak menyatakan keprihatinannya terhadap likuiditas pertanian dan koperasi pertanian (BAAC). Mereka mengindikasikan bahwa mereka dapat menarik uang mereka. Selain itu, beberapa postingan media sosial menggambarkan individu yang diduga terburu-buru menarik uangnya dari BAAC.

Klaim di media sosial

Setelah sumber pendanaan dompet digital diumumkan, pengguna Facebook membagikan foto kerumunan besar yang berkumpul di luar Bank Pertanian dan Koperasi Pertanian (BAAC), disertai postingan dengan pesan yang menunjukkan bahwa orang-orang sedang menarik dana.

sumber | Arsip

sumber | Arsip

Namun setelah diselidiki, kami menemukan bahwa gambar yang diberikan tidak mewakili situasi saat ini.

Periksa fakta

Kami telah melakukan pengecekan fakta menggunakan fitur pencarian gambar terbalik. Kami menemukan bahwa gambar tersebut berasal dari sebuah berita beberapa tahun lalu. Gambar pertama dari berita, Orang-orang mengantri di wilayah utara untuk menarik uang dari proyek berpenghasilan rendah tersebutdi BAAC, Cabang Nakhonsawan, pada tanggal 13 Desember 2016.

sumber: MGR Daring (Arsip)

Gambaran lain yang banyak dibagikan dengan klaim sebelumnya juga berasal dari berita lama. Itu dari artikel berjudul Petani menunggu penarikan dana pengobatanyang mengabarkan pemerintah mentransfer dana melalui rekening bank di BAAC Cabang Suprab, Provinsi Lampang, pada 22 Mei 2020.

READ  Dr. Heba Ahmed berpidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA)

sumber: MGR Daring (Arsip)

Selain itu, pada tanggal 10 April malam, Partai Pheu Thai membantah tuduhan tersebut melalui akun Partai X.

Arsip

Di hari yang sama, Bank Pertanian dan Koperasi Pertanian (BAAC) menjelaskan perannya dalam kebijakan pendistribusian uang digital 10,000 baht. BAAC melaporkan,

“BAAC adalah lembaga keuangan swasta pemerintah yang bertujuan memberikan bantuan keuangan kepada petani, kelompok tani atau koperasi pertanian berdasarkan UU BAAC.

Di masa lalu, perusahaan ini telah mendukung berbagai proyek pemerintah, memberikan pinjaman dan berfungsi sebagai sumber dana operasional. BAAC terus mengelola likuiditas dan kekuatannya sesuai dengan standar lembaga keuangan.

Proyek “Dompet Digital” adalah inisiatif pemerintah lainnya yang terkait dengan petani penerima manfaat. BAAC saat ini sedang mengoordinasikan rinciannya untuk bekerja sesuai kerangka hukum dan mengelola risiko dengan tepat. (sumber)

Apa yang Anda ketahui tentang sistem “dompet digital”?

Pemerintah Thailand, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sritha Thavisin, telah memberikan lampu hijau pada inisiatif ekonomi penting yang dijuluki “Kebijakan Dompet Digital.” Skema ini mencakup stimulus dompet digital senilai 500 miliar baht (sekitar $13,51 miliar), yang didanai dari anggaran fiskal 2024-2025. Sumber daya akan diambil dari anggaran fiskal tahun 2025 (152,7 miliar baht), anggaran Bank Pertanian dan Koperasi Pertanian tahun 2025 (172,3 miliar baht), dan anggaran fiskal tahun 2024 (175 miliar baht).

Penerima manfaat dari inisiatif ini adalah warga negara Thailand yang berusia minimal 16 tahun, yang pendapatan tahunannya tidak melebihi 840,000 baht, dan memiliki rekening bank kurang dari 500,000 baht. Mereka akan menerima hibah sebesar 10,000 baht melalui “aplikasi super” yang dibuat oleh Kementerian Ekonomi dan Masyarakat Digital. Semua bank dapat mendukung model loop terbuka ini.

READ  Kementerian Kesehatan Thailand sedang meningkatkan peluncuran antibodi COVID

Selebaran tersebut dapat digunakan di toko-toko yang ditunjuk di wilayah setempat penerima. Namun, ini tidak dapat digunakan untuk membeli barang, bahan bakar, jasa, atau barang “dosa” secara online. Untuk mengekang aktivitas penipuan, pemerintah bermaksud membentuk komite yang beranggotakan Biro Investigasi Kejahatan Dunia Maya.

Tujuan utama dari kebijakan ini adalah untuk memberikan bantuan keuangan kepada kelompok rentan. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi. Pejabat pemerintah memperkirakan hibah ini akan meningkatkan produk domestik bruto negara tersebut sebesar 1,2% hingga 1,6%, dan mungkin sebanyak 1,8%. (sumber: Bangsa, waktu)

Bank of Thailand (BOT) telah menyatakan keprihatinannya atas rencana dompet digital pemerintah sebesar 500 miliar baht. BOT Bank prihatin dengan pinjaman skala besar yang diperlukan untuk skema ini, karena hal ini kemungkinan akan berdampak negatif pada peringkat kredit Thailand. Namun, Dewan Menteri memberikan persetujuan awal untuk rencana ini. Kekhawatiran utama BOT Bank adalah potensi utang yang mungkin timbul dari pembiayaan skema ini, yang dapat menyebabkan penurunan peringkat kredit Thailand dari peringkat Baa 1 (prospek stabil) oleh Moody's. Situasi ini menyoroti pertimbangan finansial dan tantangan penerapan inisiatif stimulus ekonomi skala besar. (sumber)

ringkasan

Berbeda dengan unggahan di media sosial yang menyarankan orang-orang menarik uang dari Bank Pertanian dan Koperasi Pertanian (BAAC) karena proyek dompet digital pemerintah, gambar-gambar ini sebenarnya berasal dari berita yang terjadi pada tahun 2016 dan 2020. Ini tidak mencerminkan peristiwa terkini. . BAAC juga menjelaskan perannya dan menekankan stabilitas keuangan dalam mendukung skema ini.

Ikuti kami dan dapatkan informasi terkini tentang pemeriksaan fakta terbaru kami.

Facebook | Twitter | Instagram | Garis | TIK tok | Ada apa

READ  Revolusi digital dalam konservasi hewan

gambar simbol

Judul:Klaim penarikan massal BAAC karena sistem dompet digital menyesatkan

Fakta Diperiksa Oleh: Tim Fakta Crescendo

hasilnya: Menyesatkan