POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Klaim Filipina tentang melepas jaring penghalang Tiongkok di Pulau Huangyan dibuat-buat: Penjaga Pantai Tiongkok


Foto: Atas perkenan Penjaga Pantai Tiongkok

Juru bicara Penjaga Pantai Tiongkok mengatakan klaim Filipina tentang pelepasan jaring yang dipasang oleh Penjaga Pantai Tiongkok di Huangyan Dao (Pulau Huangyan) di Laut Cina Selatan sepenuhnya dibuat-buat.

Juru bicara CCG Gan Yu membuat pernyataan tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Rabu malam sebagai tanggapan atas pernyataan yang dikeluarkan oleh Penjaga Pantai Filipina pada hari Senin yang mengklaim bahwa mereka telah menghilangkan “penghalang mengambang” yang dipasang oleh Penjaga Pantai Tiongkok di sisi tenggara pulau itu. Huangyan, yang menghalangi nelayan Filipina untuk “memasuki wilayah tersebut untuk melakukan aktivitas penangkapan ikan.”

Penjaga Pantai Tiongkok memasang jaring penghalang di sekitar laguna Pulau Huangyan Tiongkok pada tanggal 22 September 2023 sebagai tanggapan atas serangan tidak sah yang dilakukan oleh kapal Filipina. Foto: Atas perkenan Penjaga Pantai Tiongkok

Gan mengatakan bahwa tanpa izin dari pemerintah Tiongkok, sebuah kapal milik Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan Filipina secara ilegal memasuki perairan Pulau Huangyan Tiongkok dan memicu kerusuhan dengan cara yang provokatif pada hari Jumat.

Gan mengatakan CCG mengambil tindakan yang diperlukan sesuai dengan hukum untuk secara efektif menahan kapal Filipina, termasuk komunikasi dan peringatan, pembatasan rute dan untuk sementara memasang jaring pemblokiran di laguna yang dimasuki kapal Filipina.

Penjaga Pantai Tiongkok memasang jaring penghalang di sekitar laguna Pulau Huangyan Tiongkok pada tanggal 22 September 2023 sebagai tanggapan atas serangan tidak sah yang dilakukan oleh kapal Filipina. Penjaga Pantai Tiongkok melepaskan jaring tersebut keesokan harinya. Foto: Atas perkenan Penjaga Pantai Tiongkok

Penjaga Pantai Tiongkok melepas jaring pada Sabtu malam dan prosedur pengelolaan kembali normal, dengan semua operasi di lokasi tersebut dilakukan secara profesional dan dengan cara yang standar dan wajar, kata juru bicara tersebut.

READ  Hari Minggu yang sejuk dan menyegarkan dengan pemanasan terus menerus sepanjang minggu

Pernyataan Tiongkok tersebut disertai dengan tiga foto yang menunjukkan kapal Filipina dihadang oleh kapal CCG, menghalangi jaring yang dipasang CCG, dan jaring tersebut kemudian ditemukan kembali.

Gan mengatakan Tiongkok memiliki kedaulatan yang tidak dapat disangkal atas Pulau Huangyan dan perairan sekitarnya, serta memiliki hak kedaulatan dan yurisdiksi atas perairan terkait.

Dia menambahkan bahwa CCG akan terus melakukan kegiatan penegakan hukum di perairan yang berada di bawah yurisdiksi Tiongkok sesuai dengan hukum dan akan dengan tegas melindungi kedaulatan nasional dan hak maritim.