POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kesehatan Kunci Dividen Penduduk Indonesia: Menteri

Kesehatan Kunci Dividen Penduduk Indonesia: Menteri

JAKARTA (ANTARA) – Sektor kesehatan mempunyai peran penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang sehat dan mendukung peningkatan jumlah penduduk Indonesia yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-2045, kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Mengapa kesehatan itu penting? Di usia produktif pun, kalau masyarakat tidak sehat, tidak bisa bekerja, jelasnya pada peluncuran Program Penguatan Proyek Integrasi dan Promosi Kesehatan Pelayanan Kesehatan Primer yang diikuti secara daring. Kamis.

Sadikin menambahkan, kesehatan harus dijaga sejak dini agar ketika masyarakat beranjak dewasa, mereka dapat menjadi sumber daya manusia yang produktif yang dapat membantu Indonesia keluar dari jebakan pendapatan menengah.

Pada tahap berpendapatan menengah, sumber daya manusia yang produktif harus menjadi aset yang paling berharga untuk meningkatkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan naik ke status negara berpendapatan tinggi, tegasnya.

Berita terkait: Kementerian telah meluncurkan proyek untuk mengkonsolidasikan layanan kesehatan primer

“Jika kita gagal memanfaatkan peluang ini, kita akan mengecewakan anak cucu kita karena mereka akan menghabiskan seluruh hidupnya di negara berpendapatan menengah,” ujarnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Sadiqin menekankan pentingnya mendefinisikan kembali konsep kesehatan sejak dini. Beliau menjelaskan bahwa menjadi sehat lebih dari sekedar menyembuhkan penyakit. Hal ini juga berarti menjaga kesehatan tubuh untuk mencegah penyakit.

Menkeu menggarisbawahi pentingnya Indonesia memiliki sumber daya manusia dewasa yang memiliki kemampuan intelektual memadai.

“Dan ketika mereka sudah dewasa, kita harus memastikan mereka tidak sakit, dan mereka harus melakukan cuci darah di rumah sakit tiga hari seminggu, lima hingga enam jam sehari. Itu tidak berhasil,” katanya. .

Berita terkait: Kementerian mengeluarkan surat edaran untuk mengurangi dampak polusi terhadap kesehatan
Berita terkait: Pemerintah menyiapkan 740 fasilitas kesehatan untuk menangani epidemi polusi

READ  Epidemi Merokok - Jumat, 26 Mei 2023

Diterjemahkan oleh: Sean Philo, Raga Adj
Pengarang: Anton Santoso
Hak Cipta © ANTARA 2023