POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kemungkinan sebagian palet baterai Stasiun Luar Angkasa Internasional mungkin telah menabrak sebuah rumah di Florida

Kemungkinan sebagian palet baterai Stasiun Luar Angkasa Internasional mungkin telah menabrak sebuah rumah di Florida

Tiga tahun yang lalu, NASA membuang sejumlah besar baterai bekas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), berharap dapat terbakar menembus atmosfer bumi. Beberapa minggu yang lalu, sampah stasiun luar angkasa akhirnya masuk kembali ke atmosfer, tetapi sebagian darinya mungkin lolos dan menabrak sebuah rumah di Florida.

Pada tanggal 8 Maret, sebuah benda berbentuk silinder seberat dua pon telah jatuh Melalui atap sebuah rumah keluarga di Naples, Florida, terciptalah lubang di langit-langit dan lantai. Kecelakaan itu bertepatan dengan Masuk kembali ke platform ISSyang jatuh melalui atmosfer pada hari yang sama di atas Teluk Meksiko, akhirnya menuju ke arah barat daya Florida.

“Saya gemetar. Saya benar-benar tidak percaya. Seberapa besar kemungkinan sesuatu jatuh ke rumah saya dengan kekuatan sebesar itu dan menyebabkan kerusakan sebesar itu?” Alejandro Otero, pemilik rumah, Memberi tahu Dimana kabarmu?. “Saya sangat bersyukur tidak ada yang terluka.” Otero menghubungi NASA dan mulai mencari bantuan dari orang lain secara online untuk membantunya melacak asal usul benda tersebut dari langit.

Otero menghubungi Jonathan McDowell, ahli astrofisika yang telah melihat data dari ribuan masuknya kembali atmosfer, termasuk platform Stasiun Luar Angkasa Internasional. “Sering kali kita mendapatkan entri ulang seperti ini dan seseorang yang berjarak beberapa ratus mil berkata, 'Saya menemukan benda aneh ini di halaman belakang rumah saya yang mungkin jatuh hari ini atau mungkin sudah ada di sana selama seminggu,' dan saya memutar mata dan bergerak. aktif,” kata McDowell Untuk Gizmodo. “Tetapi yang ini datang melalui atap, dan datang melalui atap pada waktu yang tepat dan di tempat yang sesuai dengan kehadirannya. [a piece of the pallet] Jadi itu cukup menjanjikan untuk dikejar.

READ  Roket SpaceX Falcon 9 meluncurkan 50 satelit ke orbit untuk Starlink Megaconstellation, BlackSky

McDowell membantu Otero terhubung dengan Aerospace Corporation, sebuah pusat penelitian dan pengembangan nirlaba. NASA kemudian mengumpulkan puing-puing dari Otero dan saat ini menganalisisnya untuk menentukan asal usulnya. Waktu dan tempatnya sesuai dengan baterai kuno stasiun luar angkasa, namun sumber dan sifatnya belum dapat dikonfirmasi.

Pada Maret 2021, palet seberat 2,9 ton berisi sembilan baterai telah disiapkan Ia terlempar ke luar angkasa oleh lengan robot Canadarm2 Stasiun Luar Angkasa Internasional, perlahan-lahan berputar menuju Bumi sebelum masuk kembali secara tidak terkendali. Palet tersebut merupakan benda terbesar yang pernah diluncurkan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, namun NASA berharap seluruh benda tersebut akan terbakar saat kembali atau setidaknya tidak mencapai kawasan berpenghuni.

Namun, McDowell menyatakan keprihatinannya tentang banyaknya sampah luar angkasa pada saat dibuang, dengan alasan bahwa sampah tersebut terlalu besar untuk masuk kembali secara tidak terkendali. “NASA melempar dadu…dan mereka mengalami nasib sial,” katanya.

Pembuangan benda sebesar ini secara tidak terkendali bukanlah hal yang rutin. Baterai lama seharusnya ditempatkan di dalam kapal kargo HTV Jepang untuk dibuang dengan benar. Namun, penumpukan tersebut memaksa NASA untuk membuang baterai ke dalam bantalan pengisi daya menggunakan lengan robot stasiun luar angkasa, sehingga terjadi proses masuk kembali yang tidak terkendali.

itu Badan Antariksa Eropa Badan Antariksa Eropa (ESA) juga memantau kembalinya palet tersebut dan memperkirakan bahwa beberapa bagian mungkin mencapai Bumi tetapi kemungkinan melukai seseorang sangat rendah.

“Ini seperti sepotong kecil palet atau baterai, atau bagian dari wadah baterai,” tambah McDowell. “Ada benda seberat dua ton yang kembali ke atmosfer, dan potongan kecilnya selamat dan melewati rumah orang malang ini.” Atau setidaknya begitulah ceritanya.

READ  Penyelaman mendalam Laffy Lube untuk mencari kehidupan alien membuat rekan-rekannya curiga

Belum jelas apa jadinya jika terbukti benda berbentuk silinder itu benar-benar berasal dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan organisasi mana yang bertanggung jawab memberikan kompensasi kepada keluarga di Florida. Faktanya, tidak ada prosedur yang tepat bagi warga sipil untuk melaporkan kejadian seperti ini. Dalam hal ini, dibutuhkan pemilik rumah yang vokal untuk menarik perhatian seseorang secara online, namun hal tersebut mungkin tidak selalu terjadi.

Untuk lebih banyak perjalanan luar angkasa dalam hidup Anda, ikuti kami X Penanda khusus untuk Gizmodo Halaman penerbangan luar angkasa.