POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kemenkes dorong Komite Kesehatan dan Keselamatan Kerja untuk penanganan COVID-19

Jakarta (Andara) – Kementerian Sumber Daya Manusia akan meningkatkan peran Komite Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) untuk mengendalikan dan menekan penyebaran Covid-19 di tempat kerja.

“Kami akan mengevaluasi peran P2K3 di perusahaan-perusahaan yang membantu penerapan etos kerja di tempat kerja untuk mendorong pekerja mematuhi etika kesehatan dimanapun berada,” kata Hyani Rumondong dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut Rumondang, Kementerian Sumber Daya Manusia telah menerbitkan surat edaran dari Menteri Sumber Daya Manusia Nomor 9 Tahun 2021 tentang penerapan etika kesehatan di tempat kerja dan penyediaan alat dan fasilitas kesehatan kepada pekerja atau pekerja oleh perusahaan di lingkungan kerja. di tengah wabah Kovit-19.

Rumondang mencatat, surat edaran tersebut mengimbau kepada para pemimpin daerah untuk mengambil tindakan strategis, terutama dalam menangani Pemerintah-19 di tempat kerja.

Berita Terkait: Menteri Sumber Daya Manusia menyerukan penciptaan tempat kerja yang aman bagi perempuan

Poin kelima dari surat edaran tersebut menekankan pada optimalisasi P2K3 di perusahaan, dalam mengembangkan dan menerapkan langkah-langkah strategis sebagai tindakan pencegahan terhadap keadaan darurat, kata Rumondang.

“Perusahaan tanpa P2K3 dapat membentuk satgas internal COVID-19 yang akan berkoordinasi dengan satgas pemerintah daerah,” ujarnya.

Rumondang menjelaskan bahwa Komite Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) adalah organisasi tempat kerja independen yang menyediakan kerjasama antara pengusaha atau eksekutif dan pekerja atau pekerja untuk menumbuhkan saling pengertian dan partisipasi yang efektif dalam pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja.

Sebelumnya, Kementerian Sumber Daya Manusia menggelar pertemuan virtual untuk P2K3 di seluruh tanah air, yang dihadiri oleh kantor SDM provinsi, P2K3 dan pengawas ketenagakerjaan. Forum ini dirancang untuk mengevaluasi efektivitas peran P2K3 dalam pengobatan infeksi COVID-19 di dunia bisnis atau industri.

READ  Temui lulusan SMU yang membuat dampak yang berarti di Singapura, dan sekitarnya, Berita Orang Tua dan Pendidikan serta Kisah Terbaik

Berita Terkait: Beri lebih banyak gigi untuk P2K3, kata menteri HRD kepada perusahaan