POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kemendikbud memperkuat peran museum sebagai media pendidikan

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melaksanakan beberapa proyek untuk memperkuat peran museum sebagai media pendidikan.

“Kementerian berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain dan pemangku kepentingan dalam upaya penguatan peran museum sebagai media pendidikan,” kata Wakil Direktur Bidang Revolusi Mental, Pembinaan Kebudayaan, dan Pembinaan Olahraga Prestasi Kemendikbud Didik Suhardi, Kamis.

Museum tidak hanya sebagai tempat untuk mengamati kekayaan sejarah, tetapi juga untuk kegiatan lain yang berhubungan dengan pendidikan, tambahnya.

“Museum dapat digunakan untuk keperluan lain seperti ruang untuk kegiatan studi buku, seminar tentang sejarah atau pengembangan museum, termasuk menjadi pusat memasak yang menarik dengan fasilitas teknologi bagi mahasiswa,” katanya.

Menurutnya, daya tarik museum harus dikembangkan agar mahasiswa lebih menyukai museum dan mendukung mereka yang ingin mempelajari sejarah secara mendalam.

“Museum harus memiliki kemampuan untuk menopang inovasi dan pertumbuhan untuk menciptakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambahnya.

Ia juga menekankan bahwa museum sebagai sumber sejarah dapat berperan sebagai media pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai pembangunan bangsa.

“Dalam strategi memajukan kebudayaan, setidaknya ada empat hal yang harus difokuskan, yaitu upaya menjaga atau melestarikan, mengembangkan, mengembangkan dan memanfaatkan museum,” kata Suhardi.

Oleh karena itu, Kementerian mendorong pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya untuk meningkatkan kualitas museum sebagai platform pendidikan bagi generasi muda untuk belajar tentang budaya dan sejarah.

“Kementerian mendorong pemerintah daerah dan pihak lain untuk menjadikan pengembangan museum sebagai hal yang strategis, dan juga menjadi wadah pendidikan bagi generasi penerus bangsa,” katanya.

Berita Terkait: Kemendikbud berupaya mempopulerkan senam di kalangan pelajar untuk kebugaran
Berita Terkait: MPR mendorong aksi kolektif untuk mendukung transformasi pengelolaan museum
Berita Terkait: Kementerian Permuseuman menyelenggarakan Lomba Kuis Museum

READ  Gempa berkekuatan sedang dengan kekuatan 4,5 di 72 km tenggara Corondalo, Indonesia.