POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kemajuan Pesat dalam Teknologi Energi Bersih Utama Menunjukkan Bahwa Ekonomi Energi Baru Muncul Lebih Cepat Dari Yang Diduga Banyak Orang – NEWS

Kemajuan Pesat dalam Teknologi Energi Bersih Utama Menunjukkan Bahwa Ekonomi Energi Baru Muncul Lebih Cepat Dari Yang Diduga Banyak Orang – NEWS

Laju penerapan beberapa teknologi energi bersih – seperti fotovoltaik surya dan kendaraan listrik – menunjukkan apa yang dapat dicapai dengan ambisi dan tindakan kebijakan yang cukup, tetapi perubahan yang lebih cepat sangat dibutuhkan di sebagian besar komponen sistem energi untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050 , menurut penilaian terbaru Badan Energi Internasional tentang kemajuan global. .

Hari ini, pembaruan tahunan Badan Energi Internasional diterbitkan Lacak kemajuan energi bersih Sumber daya online mengungkapkan keuntungan penting dalam setahun terakhir. Penjualan kendaraan listrik mencapai rekor tertinggi lebih dari 10 juta pada tahun 2022, peningkatan hampir sepuluh kali lipat hanya dalam lima tahun. Penambahan listrik terbarukan telah meningkat menjadi 340 gigawatt, penyebaran terbesar yang pernah ada. Akibatnya, energi terbarukan sekarang menyumbang 30% dari pembangkit listrik dunia. Investasi dalam energi bersih mencapai rekor tertinggi sebesar $1,6 triliun pada tahun 2022, naik hampir 15% dari tahun 2021, menunjukkan kepercayaan yang berkelanjutan dalam transisi energi bahkan dalam iklim ekonomi yang tidak pasti.

Namun, transisi ke energi bersih terjadi dengan kecepatan berbeda di seluruh wilayah dan sektor. Misalnya, hampir 95% penjualan kendaraan listrik global pada tahun 2022 akan terjadi di China, Amerika Serikat, dan Eropa. Kolaborasi internasional yang lebih kuat diperlukan untuk menyebarkan kemajuan dalam kendaraan listrik dan teknologi utama lainnya di semua wilayah, terutama negara berkembang dan berkembang.

Energi bersih juga digunakan lebih cepat di beberapa bagian sistem energi – seperti pembangkit listrik dan mobil penumpang – karena biaya telah turun dan teknologi sudah relatif matang. Sementara itu, inovasi cepat masih diperlukan untuk menghadirkan teknologi bersih ke pasar untuk bagian sistem energi yang emisinya sulit diatasi, seperti industri berat dan transportasi jarak jauh. Langkah-langkah positif telah dilakukan pada inovasi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi lebih banyak akselerasi diperlukan untuk segera menghadirkan lebih banyak teknologi rendah emisi ke pasar di area ini.

READ  Parlemen Indonesia menyetujui anggaran $216 miliar pada tahun 2024 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Oleh Investing.com

Pembaruan 2023 untuk Lacak kemajuan energi bersih, tersedia di situs web IEA, melacak kemajuan menuju penyelarasan sistem energi global dengan jalur untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050. Hal ini dilakukan dengan menilai lebih dari 50 komponen berbeda, dari sektor hingga teknologi hingga infrastruktur. Hari ini Badan Energi Internasional juga merilis desain yang baru didesain ulang Buku Pegangan Teknologi Energi Bersihdatabase digital interaktif yang memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan kesiapan dan distribusi geografis lebih dari 500 teknologi atau komponen inovatif yang berbeda di seluruh sistem energi global, bersama dengan database yang menyertai proyek pameran energi bersih.

“Ekonomi energi bersih terbentuk dengan cepat, tetapi kemajuan yang lebih cepat diperlukan di sebagian besar wilayah untuk mencapai sasaran energi dan iklim internasional,” kata Fatih Birol, Direktur Eksekutif Badan Energi Internasional. “Pembaruan ini Lacak kemajuan energi bersih Ini menyoroti beberapa perkembangan yang sangat menjanjikan, menggarisbawahi kebutuhan dan potensi tindakan yang lebih besar secara global. Pertumbuhan luar biasa dari teknologi utama seperti mobil surya dan listrik menunjukkan apa yang mungkin terjadi.”

Meskipun banyak sektor belum sepenuhnya memenuhi tujuan iklim internasional, analisis baru mengidentifikasi kemajuan penting selama setahun terakhir. Untuk pertama kalinya, kapasitas manufaktur yang dinyatakan untuk baterai kendaraan listrik telah mencapai tingkat yang cukup untuk memenuhi persyaratan permintaan yang diproyeksikan pada tahun 2030 dalam skenario Badan Energi Internasional untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050. Momentum ini didukung oleh strategi industri utama seperti AS Undang-Undang dan Rencana Pengurangan Inflasi Kesepakatan hijau industri Uni Eropa.

Solar PV telah ditingkatkan ke ‘on track’, dengan kemajuannya sekarang selaras dengan pencapaian yang konsisten dengan ambisi net zero. Solar PV menghasilkan rekor mendekati 1.300 TWh (TWh) pada tahun 2022, naik 26% dari tahun 2021 dan mencatat pertumbuhan absolut terbesar dari semua teknologi terbarukan pada tahun 2022. Jumlah proyek manufaktur dalam pipa PV surya juga mengalami pertumbuhan eksplosif dalam konteks dukungan pemerintah yang luas, khususnya di Cina, Amerika Serikat dan India. Jika semua proyek yang diumumkan tercapai, kapasitas manufaktur PV surya global akan berlipat ganda dalam lima tahun ke depan, melebihi permintaan tahun 2030 dalam skenario Net Zero IEA pada tahun 2050.

READ  Framework Agreement for Translation Services - English-Bahasa Indonesia

Kemajuan penting telah dibuat di sektor bangunan – yang ditingkatkan dari ‘Tidak Sesuai Rencana’ menjadi ‘Dibutuhkan Lebih Banyak Upaya’ di Lacak kemajuan energi bersih Sistem peringkat tiga tingkat. Pemerintah semakin memperkenalkan kode energi yang ketat dan standar kinerja di gedung-gedung, dan penggunaan teknologi gedung yang efisien dan terbarukan seperti pompa panas dan peralatan pendingin rendah emisi semakin cepat. Kebijakan efisiensi energi juga telah diperkuat secara global dalam satu tahun terakhir, seperti di India yang memberlakukan kebijakan baru untuk peralatan, kendaraan, fasilitas industri dan bangunan komersial.

Politik berkembang di banyak bidang. Awal tahun ini, misalnya, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menetapkan kerangka hukum dan peraturan untuk penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon, dan Namibia merilis strategi hidrogen pada akhir 2022.

Banyak teknologi telah melihat terobosan inovasi penting sejak pembaruan IEA terbaru Lacak kemajuan energi bersih Dan Buku Pegangan Teknologi Energi Bersih. Produsen baterai terbesar di dunia telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai memproduksi baterai kendaraan listrik sodium-ion, bahan kimia baterai alternatif yang dapat membantu mengurangi ketergantungan pada logam penting yang dibutuhkan. Dua demonstrasi berskala besar dari elektroliser oksida padat, teknologi produksi hidrogen rendah emisi yang sangat efisien, mulai beroperasi awal tahun ini. Ada langkah positif dalam teknologi bersih inovatif untuk pemurnian aluminium dan pembuatan semen – kedua industri di mana emisinya sulit diatasi. Selanjutnya, pada awal tahun 2023, pengiriman pertama karbon dioksida cair (CO2) diangkut dari Belgia untuk disimpan secara geo di lepas pantai Denmark di bawah Laut Utara, sebuah pencapaian penting untuk sektor penangkapan karbon.

Sementara kemajuan dapat dilihat di semua komponen sistem energi 50-plus yang dinilai Lacak kemajuan energi bersihsebagian besar belum berada pada lintasan yang konsisten dengan emisi net-zero pada tahun 2050. Dukungan kebijakan yang lebih kuat dan investasi yang lebih besar di berbagai teknologi yang berbeda, di semua kawasan di dunia, diperlukan untuk memungkinkan peralihan yang lebih luas dan lebih cepat menuju lingkungan bersih. energi untuk mempertahankan net-zero emisi pada tahun 2050 di tangan.

READ  Kampanye vaksin di Indonesia terbentur hambatan kecepatan