POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kejriwal Usul Foto Lakshmi-Ganesha di INR 'Jika Indonesia Bisa, Kita Bisa' |  Delhi berita terbaru

Kejriwal Usul Foto Lakshmi-Ganesha di INR ‘Jika Indonesia Bisa, Kita Bisa’ | Delhi berita terbaru

Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal pada hari Rabu menuntut agar uang kertas India harus menyertakan gambar Dewa Ganesha dan Dewi Lakshmi bersama dengan gambar Mahatma Gandhi.

Berbicara pada konferensi virtual setelah Diwali, Kejriwal mengatakan dia memiliki “perasaan yang kuat” saat melakukan doa selama festival bahwa jika uang kertas India berisi gambar-gambar ini, itu akan membantu memacu upaya untuk meningkatkan ekonomi.

“Saya tidak mengatakan bahwa ini saja akan meningkatkan ekonomi… Banyak lagi upaya yang harus dilakukan… tapi itu [efforts] “Itu akan menjadi kenyataan jika kita memiliki berkah dari para dewa,” kata perdana menteri, seraya menambahkan bahwa dia akan segera menulis surat kepada Perdana Menteri Narendra Modi mengenai hal ini.

Dia mengatakan ekonomi India “melalui periode kelemahan” dan rupee India terus melemah dibandingkan dengan dolar AS.

Ini sangat mempengaruhi orang miskin di negara ini. Setelah 75 tahun merdeka, India masih menjadi negara berkembang dan kita semua ingin bangsa kita menjadi negara maju dan setiap keluarga menjadi kaya. Kita perlu melakukan banyak upaya untuk mewujudkannya, termasuk mengembangkan sekolah, rumah sakit, jalan, dan infrastruktur.

Untuk mendukung argumennya, menteri utama di Delhi berpendapat bahwa Indonesia, negara mayoritas Muslim dengan populasi 85%, dan kurang dari 2% populasi Hindu, memiliki gambar Ganesha pada uang kertasnya.

“Jika Indonesia bisa melakukannya, kita juga bisa. Tidak ada yang harus keberatan … Saya memohon kepada Perdana Menteri bahwa mata uang India harus memiliki gambar dewa-dewa ini pada uang kertas kita. Lakshmi Ji dianggap sebagai dewi kemakmuran dan Ganesh Ji menghapus semua hambatan,” kata Kejriwal.

Baca juga:Mengapa Indonesia muncul di Lakshmi-Ganesha of Kejriwal dalam daya tarik mata uang kertas

READ  Indonesia menargetkan 40 persen pangsa pasar ekonomi digital ASEAN pada 2025

Menjelaskan usulannya, dia mengatakan bahwa dia tidak bermaksud bahwa semua uang kertas lama harus diganti, tetapi uang kertas yang baru dicetak harus memiliki tambahan baru ini.

“Perlahan dan bertahap, pengamatan baru ini akan beredar dalam jumlah besar,” katanya, seraya menambahkan bahwa beberapa orang selama dua hari terakhir telah mendukung gagasan tersebut.

Selain Mahatma Gandhi, uang kertas India juga menampilkan gambar lain seperti Ibukota Singa di Sarnath, Parlemen India, dan motif seperti harimau, bak, doo, rusa sambar, untuk menyoroti warisan budaya dan pencapaian ilmiah negara tersebut.