POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapal Selam Indonesia Hilang: Pencarian Kapal Selam Indonesia Polly | Berita Dunia

Jakarta, Indonesia Kapal angkatan laut Ketika negara-negara tetangga bersiap untuk bergabung dalam operasi kompleks, salah satu kapal selamnya secara aktif mencari air yang terakhir ditemukan sebelum 53 orang hilang.
KRI Nangala 402 melewatkan panggilan pelaporan yang dijadwalkan saat menghadiri sesi pelatihan pada hari Rabu. Sekitar 96 kilometer (60 mil) utara pulau resor, dekat titik awal penyelaman terakhir, para pejabat melaporkan bau minyak licin dan bahan bakar diesel. Polly.
Tentara Indonesia mengatakan lima Angkatan laut Saat berpartisipasi dalam pencarian kapal dan helikopter, kapal survei hidro-oseanografi dengan kemampuan deteksi bawah air sedang dalam perjalanan ke lokasi di sekitar tumpahan minyak. Pihak berwenang mengatakan mereka belum dikaitkan dengan kapal selam yang hilang itu.
Kapal penyelamat dari Singapura dan Malaysia diharapkan tiba pada hari Sabtu. Tentara Australia, The Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Australia, Rusia, India dan Turki juga telah memberikan bantuan.
Beberapa khawatir bahwa daerah tersebut mungkin terlalu dalam untuk menemukan atau mengambil kapal, dengan alasan potensi tantangan yang dihadapi operasi pencarian.
“Sepertinya tragedi yang mengerikan, itu di bagian terdalam dari air pada 700 atau 800 meter (2.297 kaki atau 2.625 kaki),” kata Menteri Pertahanan Australia. Peter Dutton Diberitahu Sydney Radio 2GB.
“Sangat sulit untuk memulihkan atau menentukan lokasi. Tetapi ada beberapa bantuan yang dapat kami ajukan, dan kepala Pasukan Keamanan (Angus Campbell) secara terbuka mendekati lawannya untuk mengatakan apa yang dapat diberikan Australia, dan kami akan melakukannya,” katanya.
Kementerian Pertahanan Indonesia mengatakan kapal selam itu memiliki 49 awak, komandannya dan tiga pria bersenjata di dalamnya.
Listrik mungkin telah terputus selama penyelaman, menyebabkan kapal selam kehilangan kendali dan tidak dapat melakukan prosedur darurat, memungkinkannya untuk muncul kembali. Dikatakan pihaknya yakin kapal selam itu telah tenggelam hingga kedalaman 600-700 meter (2.000-2.300 kaki).
Kapal selam buatan Jerman, yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1981, dijadwalkan untuk berlatih pada hari Kamis untuk latihan tembak rudal. Panglima Angkatan Darat Hadi Tajjanto dan para pemimpin militer lainnya diharapkan hadir.
Indonesia saat ini memiliki lima kapal selam dan berencana untuk mengoperasikan setidaknya delapan pada tahun 2024.
Negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau telah menghadapi tantangan yang semakin besar terhadap klaim maritimnya dalam beberapa tahun terakhir, termasuk banyak insiden yang melibatkan kapal China di dekat Kepulauan Nachuna.
Tahun lalu, Presiden Joko Widodo menegaskan kembali kedaulatan negara laut Cina Selatan, Cina adalah salah satu jalur laut tersibuk dalam konflik regional dengan tetangganya yang lebih kecil.
Seminggu setelah juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zheng Shuang menekankan bahwa nelayan China bebas beroperasi di wilayah yang diklaim China sebagai daerah penangkapan ikan tradisionalnya, sebagian zona ekonomi eksklusif Indonesia telah digabungkan.
Pernyataan Zheng tersebut memicu kemarahan di Indonesia dan mendorong militer untuk meningkatkan pasukannya di pulau-pulau tersebut. Meskipun China membuat klaim seperti itu selama bertahun-tahun, puluhan kapal penangkap ikan China yang baru-baru ini dibajak oleh kapal Penjaga Pantai dikatakan telah melakukan operasi yang lebih agresif di daerah tersebut dan mengabaikan peringatan Indonesia untuk pergi.

READ  Kota-kota di Asia menghadapi risiko lingkungan yang sangat besar: belajar