POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kamboja Batalkan Persyaratan Tes COVID untuk Pengunjung Asing – Asia Pasifik

Brak Chan Thule Diedit oleh Ed Davies (Reuters)

Phnom Penh ●
Kamis 17 Maret 2022

2022-03-17
11:46

22dc95a23fb944820adae5904f40fc6b
2
Asia Pacific
Kamboja, pembatasan virus corona, pariwisata
Gratis

Kamboja pada hari Kamis mengeluarkan persyaratan bahwa pengunjung dari luar negeri diuji untuk COVID-19, kata para pejabat, karena negara itu telah melampaui sebagian besar tetangganya dengan melonggarkan sebagian besar pembatasan untuk memacu lebih banyak investasi dan pariwisata.

Data resmi menunjukkan bahwa negara Asia Tenggara itu telah memvaksinasi 92,31 persen dari 16 juta penduduknya terhadap virus corona, salah satu tingkat vaksinasi tertinggi di kawasan itu.

Perdana Menteri Hun Sen mengatakan aturan baru akan dimulai dari Kamis dan akan membantu meningkatkan pariwisata dan bisnis.

Sekarang tahap membuka ekonomi dengan belajar bagaimana hidup dengan COVID,” kata Hun Sen dalam pidatonya.

Pengunjung asing masih perlu divaksinasi penuh dan mereka yang tidak dapat membuktikan vaksinasi harus tetap dikarantina selama 14 hari setelah kedatangan mereka.

Bahkan dengan pengujian wajib dihapus, pihak berwenang telah meminta pengunjung untuk menguji diri mereka sendiri.

“Kementerian Kesehatan mengimbau kepada seluruh pemudik untuk menjalani pemeriksaan cepat,” kata Menteri Kesehatan Mam Bunheng dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang juga berencana untuk melanjutkan penerbitan visa pada saat kedatangan, yang telah ditangguhkan selama pandemi, meskipun pernyataan dari Kementerian Kesehatan tidak mengkonfirmasi kapan itu akan dimulai.

Kamboja, yang melaporkan 140 infeksi virus corona baru pada Rabu, telah mencatat total 3.049 kematian akibat virus tersebut.

Bank Dunia mengatakan kedatangan internasional turun menjadi 113.000, atau 90,6 persen, dalam tujuh bulan pertama tahun 2021, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

READ  Kemewahan Bertemu Keberlanjutan di Hilton Singapore Orchard - Jumat, 17 Juni 2022

Demikian pula, biaya masuk yang dikumpulkan dari kompleks candi Angkor yang terkenal di Kamboja turun 98,7 persen menjadi $236.000 selama periode tersebut.

Bank Dunia mengatakan pariwisata menyumbang dua juta pekerjaan dan berkontribusi pada seperempat dari produk domestik bruto negara itu sebelum pandemi.