POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kadin: siap mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Kadin: siap mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Jakarta (Antara) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan siap mendukung pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya melalui sektor industri dan perdagangan.

“Kaden memiliki peran sentral dalam perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, kami akan menjadi mitra strategis pemerintah dan pendukung kemajuan industri dan perdagangan di tingkat regional, nasional, dan global,” kata Ketua Kaden Arjad Rasheed dalam keterangannya. dilepaskan. Di sini pada hari Sabtu.

Sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, Kadin sebagai wadah industri besar dan kecil Indonesia akan merumuskan roadmap industri untuk menyusun landasan, arah dan strategi masing-masing sektor industri dan niaga guna mencapai skala Indonesia. sistem ekonomi.

Secara khusus, roadmap tersebut akan menargetkan empat klaster utama – hilirisasi, transformasi digital, pengentasan kemiskinan, kesehatan dan ekonomi hijau.

“Peta jalan ini disusun agar seluruh upaya, program dan inisiatif dapat terintegrasi, terkoordinasi dan terarah menuju tujuan pembangunan 2045. Bersama seluruh pelaku usaha, baik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) maupun korporasi besar, Kaden akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagai tingkat pertumbuhan tertinggi keempat pada tahun 2045.”

Penyusunan roadmap industri, kata dia, akan melibatkan seluruh komponen bangsa, termasuk Kadin Ranting di daerah, asosiasi, akademisi, dan LSM yang akan bekerja untuk menyusun strategi yang komprehensif dan kolaboratif.

Hal ini dilakukan agar pertumbuhan ekonomi yang dimotori oleh para pelaku perdagangan di daerah tidak ada yang tertinggal dan pertumbuhan dan pembangunan yang diharapkan pada tahun 2045 serta kesejahteraan dapat dirasakan oleh semua pihak.

Sebelumnya, pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Kaden 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat perekonomian Indonesia tahun ini dan tahun depan akan menjadi “titik terang” di tengah “kesuraman” yang kita saksikan secara global.

READ  Perusahaan e-commerce Indonesia Bukalapak mencari hingga $1,06 miliar dalam penawaran umum perdana: sumber, perusahaan, dan pasar Berita & Berita Utama

Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,72 persen pada triwulan III 2022 dan surplus perdagangan sebesar Rp714 triliun yang kini tercatat selama 30 bulan berturut-turut, Indonesia memiliki alasan untuk optimis terhadap pertumbuhan ekonominya pada tahun 2023.

Berita Terkait: Kaden diharapkan menyiapkan peta jalan untuk pembangunan: Pak Presiden
Berita Terkait: UMKM di Indonesia bisa menjadi rujukan masyarakat global: Kadin
Berita Terkait: Kementerian Penanaman Modal menerbitkan pedoman investasi berkelanjutan