POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kacific menyelesaikan 2.500 layanan satelit untuk pedesaan Indonesia

Kacific menyelesaikan 2.500 layanan satelit untuk pedesaan Indonesia

Kacific yang berbasis di Singapura bekerja sama dengan Bis Data Indonesia – juga dikenal sebagai Bignet – dan Primacom Interbuana.

Christian Baturu, CEO CASEFIC mengatakan: “Pemerintah Indonesia menunjukkan kepemimpinan yang hebat dalam visinya untuk menghubungkan semua orang Indonesia. Mereka dengan cepat menerapkan perencanaan penjangkauan nasional yang mengesankan dengan Pakti yang berhasil mengelola proyek konektivitas. Banyak negara akan mendapat manfaat besar jika mereka memiliki pendekatan serupa untuk mengatasi kesenjangan digital.

Direktur Infrastruktur Pakti Bambang Nugroho mengatakan: “Melalui proyek komunikasi satelit, kami mengambil langkah maju yang penting menuju tujuan kami pemerataan TIK, untuk meningkatkan persatuan nasional, merangsang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan ketahanan nasional terhadap bencana dan keadaan darurat. . “

Pakti menggunakan uang dari Komitmen Layanan Universal di Indonesia untuk membayar proyek tersebut. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menyediakan akses publik ke Internet, melalui layanan satelit, di wilayah yang memiliki sedikit atau tidak ada akses ke layanan Internet yang terjangkau.

Ini termasuk daerah perbatasan dan daerah lain yang menurut penyedia layanan pertanahan tidak layak secara ekonomi.

Baturu mengatakan: “Proyek Bakti sejalan dengan misi Kacific untuk menjembatani kesenjangan digital dengan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi yang terjangkau di daerah terpencil dan tertinggal. Badan ini telah membuat pilihan yang sangat baik untuk menggunakan teknologi satelit untuk menghubungkan komunitas ini dengan cepat, mengingat kemampuan mereka untuk menjangkau kantong populasi di geografi yang menantang.”

Bignet dan Primacom telah bekerja dengan Bakti untuk menyediakan konektivitas internet berkecepatan tinggi ke sekolah, pusat pelatihan kejuruan, pusat kesehatan masyarakat, lokasi wisata, balai desa dan kantor pemerintah, kata Kacific, yang mengatakan, “Menyebarkan situs ke tujuan terpencil di beberapa pulau sepanjang Indonesia telah menjadi tantangan logistik.”

READ  Semakin ambisius aksi iklim, semakin baik bagi perekonomian Indonesia - Akademisi

Situs Kacific memungkinkan Buckty untuk mengamankan bandwidth yang dijamin di setiap situs individu. Setiap stasiun dapat mencapai kecepatan lebih dari 85Mbps, jauh di atas persyaratan 10Mbps Bakti dari operator.