POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jokowi Soal Perombakan Kabinet 2023: Tunggu

Jokowi Soal Perombakan Kabinet 2023: Tunggu

Tempo.co, JakartaPresiden Joko “Jokowi” Widodo tidak menyangkal atau membenarkan rencana perombakan kabinet pemerintahannya. Jokowi memberikan jawaban singkat atas isu yang beberapa kali dilontarkan, terutama terkait menteri dari Nastem.

“Tunggu, tunggu,” kata Jokowi saat ditanya soal kemungkinan renovasi tahun ini di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 2 Januari 2023.

Saat ditanya apakah akan ada perombakan kabinet dari Nastem, dia memberikan jawaban yang sama. “Tunggu sebentar.”

Sebelumnya, isu pergantian menteri di kabinet mencuat setelah Nastem, anggota partai koalisi pendukung pemerintah saat ini, mengumumkan akan mendukung mantan gubernur oposisi Jakarta Anis Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Ahmed Ali, Wakil Presiden Partai Nasdem, menggarisbawahi tidak ada alasan bagi partainya untuk mundur dari koalisi. Dia menegaskan komitmen NasDem melindungi Jokowi-Ma’ruf hingga 2024.

Menurut Ali, pihaknya tidak pernah melanggar komitmen tersebut. “Kami akan bersekutu hingga 2024 dan itu adalah komitmen,” kata Ali Tempo 25 Desember 2022 adalah hari Minggu.

Ali juga mengatakan perombakan kabinet adalah hak prerogatif Presiden Jokowi. Jika menteri-menteri NasDem diganti karena tidak mampu menjalankan tugasnya, itu karena urgensi kabinet dan bukan karena alasan politik semata.

Fajar Peprianto

Klik di sini untuk mendapatkan update berita Tempo terbaru di Google News

READ  Pakar merekomendasikan komunikasi yang diekstraksi untuk mengurangi penyebaran merokok