POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jepang dan Amerika Serikat mengadakan pembicaraan keamanan menjelang pertemuan Kishida dengan Biden

Jepang dan Amerika Serikat mengadakan pembicaraan keamanan menjelang pertemuan Kishida dengan Biden

Jepang dan Amerika Serikat akan mengadakan pembicaraan keamanan antara menteri luar negeri dan pertahanan di Washington sehari sebelum Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida tiba di ibu kota AS minggu depan, mengakhiri turnya ke negara-negara Kelompok Tujuh saat Tokyo memperluas dan memperdalam kekuatan militernya. . Persekutuannya dengan Amerika di tengah pengaruh Cina yang berkembang.

Pada hari Senin, Kishida akan memulai perjalanan lima negara ke Prancis, Italia, Inggris, dan Kanada menjelang pertemuan puncaknya pada 13 Januari dengan Presiden AS Joe Biden. Kedua pemimpin bertemu terakhir kali dalam pertemuan G20 di Bali, Indonesia, namun kunjungan Kishida ke Washington akan menjadi yang pertama sebagai perdana menteri.

Sementara ada spekulasi tentang kunjungannya ke Ukraina, Kishida mengatakan pada hari Jumat bahwa dia telah melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan mengatakan kepadanya bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk mengundang Kyiv jika “berbagai keadaan” memungkinkan, tetapi belum ada keputusan yang dibuat saat ini.

Para pejabat Jepang mengatakan Jumat bahwa Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada dan Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi akan terbang ke Washington untuk bergabung dengan mitra AS Lloyd Austin dan Anthony Blinken dalam pembicaraan keamanan “2 + 2” mereka Rabu, menjelang pertemuan puncak para pemimpin mereka di Gedung Putih.

Pembicaraan “2+2” diperkirakan akan fokus pada strategi keamanan nasional baru, yang dirilis oleh Jepang pada pertengahan Desember dan Amerika Serikat pada bulan Oktober, dan bagaimana kedua sekutu berencana untuk mengatasi masalah keamanan termasuk China, Korea Utara, dan Rusia.

“Kami akan membahas penguatan kapasitas pencegahan dan respons aliansi Jepang-Amerika sambil mempertimbangkan dokumen strategi baru kami,” kata Hamada kepada wartawan.

READ  Gambar Xinhua Setiap Hari | 10 Maret 2024 - Xinhua

Hamada mengatakan pada hari Jumat bahwa dia dan Austin akan mengadakan pembicaraan pertahanan bilateral secara terpisah pada hari Kamis untuk membahas rincian bagaimana militer mereka dapat memperluas dan memperdalam operasi mereka.

Ditanya apakah mereka akan membahas revisi prinsip pertahanan mereka saat ini berdasarkan peran Jepang yang lebih defensif, Hamada mengatakan belum ada keputusan.

Pada bulan Desember, Jepang mengadopsi seperangkat tiga dokumen strategis keamanan dan pertahanan yang berangkat dari posisi pertahanan diri saja. Di bawah strategi baru, Jepang berjanji untuk membangun kapasitas serangan baliknya dengan rudal jelajah jarak jauh termasuk rudal Tomahawk buatan AS yang dapat mencapai target potensial di China, menggandakan anggaran pertahanannya dalam lima tahun dan mendorong pengembangan senjata canggih.

Para pejabat AS menyambut baik kesediaan Jepang untuk mengambil peran yang lebih ofensif, sementara para ahli mengatakan hal itu juga dapat membantu memperluas kerja sama dengan Australia, mitra pertahanan regional utama mereka.

Kishida mengatakan pada hari Rabu bahwa pembicaraannya dengan Biden akan menggarisbawahi kekuatan aliansi Jepang-AS dan menyoroti kerja sama yang lebih erat antara kedua negara di bawah strategi keamanan dan pertahanan baru Jepang yang diadopsi bulan lalu.

Dia mengatakan koordinasi dengan para pemimpin G7 lainnya menjelang KTT Hiroshima, yang akan dia selenggarakan pada bulan Mei, adalah tujuan utama perjalanannya, tetapi para pejabat Jepang mengatakan pembicaraan mereka juga akan fokus pada kerja sama keamanan dan militer.

Para pejabat mengatakan Kishida ingin melanjutkan keterlibatan militer negara-negara yang berpikiran sama di kawasan Indo-Pasifik dan memperluas kerja sama mereka dalam melawan China. Kishida juga ingin menegaskan persatuan G7 dalam menghadapi perang Rusia di Ukraina.

READ  Ardern, World News, mengatakan Komisi Tinggi Selandia Baru seharusnya menggunakan "protokol" untuk tabung oksigen

Pada hari Jumat, Kishida berjanji kepada Zelensky bahwa dia akan melakukan yang terbaik sebagai ketua G7 untuk mendukung Ukraina. Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan bahwa Jepang akan menyediakan 300 generator listrik dan 83.500 lentera surya untuk membantu warga Ukraina bertahan di musim dingin.

Di Prancis, Kishida berencana membahas pendalaman hubungan keamanan melalui latihan militer bersama. Pengembangan bersama Jepang dan produksi jet tempur FX generasi berikutnya dengan Italia dan Inggris untuk penempatan pada tahun 2035 akan menjadi agenda utama selama kunjungannya ke Roma dan London dalam upaya untuk memperluas hubungan militer.

(Cerita ini belum diedit oleh staf Devdiscourse dan dihasilkan secara otomatis dari umpan sindikasi.)