POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jepang bergabung dengan Garuda Shield untuk pertama kalinya

Jepang bergabung dengan Garuda Shield untuk pertama kalinya

TOKYO (Reuters) – Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan pada hari Rabu setelah pembicaraan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo bahwa pasukan pertahanan Jepang untuk pertama kalinya akan berpartisipasi dalam latihan militer di Indonesia bulan depan bersama Amerika Serikat dan Australia.

Partisipasi Jepang datang ketika Washington dan sekutu regionalnya meningkatkan upaya untuk melawan ketegasan China yang tumbuh di kawasan Indo-Pasifik.

Jepang baru-baru ini sangat menekankan diplomasi untuk mempertahankan “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” dan Kishida mengunjungi kawasan itu, termasuk Indonesia, awal tahun ini.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pertemuan antara Kishida dan Jokowi, demikian ia akrab disapa, terjadi sehari setelah presiden Indonesia melakukan kunjungan langka ke China untuk pertemuan puncak dengan Presiden Xi Jinping, di mana keduanya berjanji untuk memperluas perdagangan dan memperluas kerja sama di bidang-bidang seperti pertanian. . dan ketahanan pangan. Baca lebih banyak

“Indonesia berbagi nilai-nilai inti serta tujuan strategis, itu adalah mitra strategis,” kata Kishida dalam konferensi pers setelah pertemuan Senin.

Dia mengatakan bahwa Pasukan Bela Diri Jepang akan berpartisipasi dalam latihan militer gabungan Garuda Shield yang akan diadakan di Indonesia mulai 1 Agustus dengan Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara lain. Ini akan menjadi pertama kalinya bagi Jepang untuk berpartisipasi.

AS mengatakan latihan tahunan, biasanya antara Indonesia dan AS, akan “jauh lebih besar dalam lingkup dan skala” daripada tahun-tahun sebelumnya.

Kishida mengatakan Jepang juga akan meminjamkan kepada pemerintah Indonesia 43,6 miliar yen ($318 juta) untuk proyek infrastruktur dan pencegahan bencana, bersama dengan kerjasama di bidang-bidang termasuk energi.

Dalam sambutannya, Jokowi menekankan aspek praktis dari hubungan bilateral dan menyatakan bahwa kedua negara telah menyepakati perubahan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang yang akan ditandatangani akhir tahun ini, meskipun ia tidak merinci detailnya.

READ  Bangladesh memvaksinasi pengungsi Rohingya di tengah eskalasi virus

Negosiasi ulang perjanjian, yang diselesaikan pada tahun 2007, ditujukan untuk memperluas akses ke pasar Jepang dan menurunkan tarif.

“Saya minta Jepang mendukung penurunan tarif beberapa produk seperti tuna, pisang, nanas dan akses pasar untuk produk mangga,” kata Jokowi.

Impor Indonesia dari Jepang mencapai $9,2 miliar pada tahun 2020, sementara ekspornya ke Jepang adalah $14,5 miliar, menurut data Dana Moneter Internasional yang dikumpulkan oleh Refinitiv.

Kementerian Perekonomian Indonesia mengatakan, pada hari Rabu, bahwa Jepang Toyota Motor Corporation berencana untuk menginvestasikan Rp 27,1 triliun ($ 1,8 miliar) di Indonesia dalam lima tahun ke depan untuk memproduksi mobil listrik. Baca lebih banyak

Menteri Perekonomian Indonesia mengatakan pada hari Selasa bahwa Mitsubishi Motors berencana untuk menginvestasikan sekitar 10 triliun rupiah di Indonesia antara tahun 2022 dan 2025.

Jokowi akan bertemu Kaisar Naruhito pada Rabu nanti.

(dolar = 136.9400 yen)

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan Elaine Lays di Tokyo dan Stanley Widianto di Jakarta); Pelaporan tambahan oleh David Dolan. Diedit oleh Stephen Coates dan Simon Cameron Moore

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.