POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jepang Bantu Bangun Reaktor Nuklir Berteknologi Tinggi untuk Bill Gates di Wyoming – Yomiuri

Logo Mitsubishi Heavy Industries muncul pada konferensi pers perusahaan di Tokyo, Jepang pada 9 Mei 2016. REUTERS/Issei Kato

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

TOKYO (Reuters) – Badan Energi Atom Jepang (JAEA) dan Mitsubishi Heavy Industries Ltd. (7011.T) akan bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Bill Gates Project Corporation untuk membangun reaktor nuklir berteknologi tinggi di Wyoming. The Daily Yomiuri melaporkan pada hari Sabtu.

Laporan tersebut, mengutip beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan kedua pihak akan menandatangani kesepakatan awal Januari untuk JAEA dan Mitsubishi Heavy Industries untuk memberikan dukungan teknis dan data dari reaktor canggih Jepang.

TerraPower, proyek tenaga nuklir canggih yang didirikan oleh Gates, dijadwalkan untuk membuka pabrik Natrium di Wyoming pada tahun 2028. Pemerintah AS akan menyediakan dana untuk menutupi setengah dari proyek senilai $4 miliar. Baca lebih lajut

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Terrapower awalnya mengeksplorasi kemungkinan membangun pembangkit nuklir eksperimental dengan Perusahaan Nuklir Nasional China milik negara, sampai dipaksa untuk mencari mitra baru setelah pemerintahan Donald Trump membatasi kesepakatan nuklir dengan China.

Amerika Serikat bersaing dengan China dan Rusia, yang juga berharap untuk membangun dan mengekspor reaktor canggih.

Di sisi lain, Jepang memiliki sejarah pahit dalam menonaktifkan prototipe reaktor Mongo yang canggih pada tahun 2016, sebuah proyek yang menelan biaya $8,5 miliar tetapi menghasilkan sedikit hasil dan kontroversi selama bertahun-tahun.

Fasilitas Mongo telah mengalami kecelakaan, pelanggaran peraturan dan ditutup-tutupi sejak awal, dan ditutup setelah ketidakpercayaan publik pada tenaga nuklir setelah bencana nuklir Fukushima 2011.

READ  Aplikasi restoran ramah lingkungan, selain daging ayam, dan minuman kecil berbentuk kubus

Baik JAEA dan Mitsubishi Heavy Industries tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar, karena kantor mereka tutup untuk liburan Tahun Baru.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Sakura Murakami) Diedit oleh Kim Kogel

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.