POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

James Webb dari NASA merilis gambar langsung pertama dari sebuah planet di luar tata surya kita

yang baruAnda sekarang dapat mendengarkan artikel Fox News!

Pada hari Kamis, NASA merilis gambar yang diambil oleh Teleskop James Webb yang menunjukkan gambar langsung pertama dari sebuah planet di luar planet kita. Tata surya.

NASA Dia mengatakan planet ekstrasurya, HIP 65426 b, adalah raksasa gas, yang berarti tidak memiliki permukaan berbatu dan tidak dapat dihuni. Gambar dapat dilihat melalui pita cahaya inframerah yang berbeda.

Sasha Hinckley, kolega profesor fisika Seorang astronom di University of Exeter di Inggris, yang memimpin pengamatan, menggambarkan gambar tersebut sebagai “momen transformatif, tidak hanya untuk Webb tetapi juga untuk astronomi secara umum.”

Gambar exoplanet 65426 b dirilis oleh NASA.
(NASA)

NASA mengatakan HIP 65426 b memiliki massa sekitar enam sampai 12 kali massa Jupiter dan berusia antara 15 dan 20 juta tahun. Sebagai perbandingan, Bumi berusia sekitar 4,5 miliar tahun. HIP 65426 b juga 100 kali lebih jauh dari bintang induknya daripada Bumi dari Matahari.

Para astronom menemukan sebuah planet ekstrasurya pada tahun 2017 menggunakan instrumen SPHERE di Teleskop Sangat Besar Observatorium Eropa Selatan di Chili. Gambar awalnya ditangkap menggunakan gelombang cahaya inframerah pendek.

NASA LUNCURKAN GAMBAR TELESKOP RUANG WEBB JAMES WEBB PHANTOM GALAXY

Visi Webb menggunakan panjang gelombang inframerah yang lebih panjang, mengungkapkan detail baru yang tidak dapat dideteksi oleh teleskop berbasis darat karena cahaya inframerah intrinsik atmosfer Bumi, kata NASA.

Perangkat webcam near-infrared (NIRCam) dan mid-infrared (MIRI) kami dilengkapi dengan panel yang menghalangi cahaya bintang – yang jauh lebih terang daripada planet – memungkinkan gambar langsung exoplanet seperti HIP 65426 b.

NASA mengatakan terobosan ini membuka pintu kemungkinan masa depan untuk mempelajari dunia yang jauh.

READ  Gejala COVID-19: Gejala COVID apa yang Anda harapkan sekarang?

KLIK DI SINI UNTUK APLIKASI BERITA FOX

“Saya pikir hal yang paling menarik adalah kita baru saja memulai,” kata Erin Carter, peneliti postdoctoral di University of California, Santa Cruz, yang memimpin analisis gambar. “Ada lebih banyak gambar exoplanet yang akan datang yang akan membentuk pemahaman umum kita tentang fisika, kimia, dan morfologi. Kita mungkin juga menemukan planet yang sebelumnya tidak diketahui.”