POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Jalan-jalan di Indo… naik motor

Kata-kata oleh Lottie Lewis

Matahari yang terik menerpa kaki telanjang kami. Angin yang menyenangkan merobek pakaian kami. Ayam kurus mematuk apa pun yang dapat mereka temukan di lanskap yang cokelat dan kering.

Jalan panjang dan bergelombang terbentang di depan kami. Suara sepeda menjadi soundtrack lima jam terakhir perjalanan kami. Sisi kiri kami terjepit di antara mesin dan papan pendek kami, ransel tersampir di punggungku dan ransel terjepit di antara bagian depan dan setang pacarku Charlie. Tangannya terbakar matahari saat dia mencengkeram pedal gas.

Foto: Lottie Lewis

Setelah berhenti menunjukkan hal-hal menarik bertahun-tahun yang lalu, kami berdua terdiam dalam kesunyian yang lapar, “Ide siapa sih untuk berkendara sepuluh jam dari Sumbawa Barat. puncak danau Dengan moped kecil dengan dua papan dan dua ransel?”

Saat kami sedang dalam perjalanan dari danau Kami sudah mengambil sepeda di Bali, naik feri ke Lombok, pergi ke Aree Gulling di mana kami mendapat beberapa hak sibuk, melompat kembali ke moped dan menuju ke Sumbawa Barat.

Riset: Peta tempat selancar Sumbawa

Untuk mengatasi ketakutan saya akan lalu lintas Indonesia (dan menekan biaya), Charlie dan saya memutuskan untuk menyewa moped 50cc dengan twinny, pendorong, dua tas kami, dan apa pun yang kami ambil di sepanjang jalan. Bersama teman kami Tom, kami menyewa rumah di jalan tanah berbatu Supersuck Di Nusa Tenggara Barat. Di sini, kami bepergian dua kali sehari yo yo Dan daerah tropis, mengikuti jalan berpasir ke sudut-sudut kosong, berselancar dengan lumba-lumba dan ular laut, dengan banyak momen pengikatan tali dan penahanan berat dilemparkan ke dalam campuran. Kehidupan di Sumbawa Barat berjalan lambat seperti yang kita harapkan. Kesibukan Bali, hotel-hotel kumuh di kota-kota pelabuhan, dan keledai kami di atas moped terlupakan saat kami bangun pagi, minum kopi Indonesia di dek, makan buah segar untuk sarapan dan berjalan-jalan sampai kami bisa. Tidak ada lagi mendayung.

Foto: Lottie Lewis

Laut biru kehijauan yang hangat membengkak hari demi hari, dan saat anak-anak itu meringkuk di tong kaca besar, aku melihat mereka terbang melintasi bibir kristal. Penduduk setempat ramah, hari-harinya panjang dan kami dengan mudah menetap di surga.

READ  Langkah nyata untuk meningkatkan nilai tambah adalah hilirisasi mineral: menteri

Maju cepat beberapa minggu dan Tom pergi ke Selandia Baru dan Charlie dan saya merencanakan perjalanan kami melintasi pulau. Dengan janji rem titik panjang dan barel spitting untuk memandu kami, kami melaju dengan kecepatan 40 mph selama delapan jam ke depan. Puncak Lakey, Di mana kita akan menghabiskan hari ulang tahun dan Natal saya? Ombaknya kecil dan sempurna tetapi sibuk dengan turis, penduduk lokal, dan pengantin pria. Kami sudah siap untuk perjalanan berikutnya, jadi kami kembali ke sepeda.

Foto: Lottie Lewis

Malam itu, kami berbaring di geladak logam kapal di malam Indonesia yang luar biasa dingin. Selimut tebal bintang bersinar di atas kami dan laut yang halus mengguncang kami dari bawah. Mayat di mana-mana ditutupi dengan ransel untuk bantal, terletak di antara truk penuh pisang. Sari warna-warni berubah menjadi tenda dan selimut. Ayam diam-diam berkotek di dalam tas. Meski sudah larut, udara dipenuhi bau sambal dan asap mesin. Flores disebut.

Meskipun kami tidak melihat ombak, kami melihat budaya yang begitu kaya dan penuh warna sehingga kami tidak bisa menahan diri untuk tidak tinggal sebentar. Sekelompok anak-anak lokal membawa kami ke sebuah pulau tak berpenghuni di sebuah perahu kecil yang tampaknya diukir dari pohon. Ketika kami tiba, kami diantar ke dermaga kayu reyot yang panjang yang membentang ke laut dikelilingi oleh perbukitan berumput dan gugusan pulau-pulau lain.

Satu per satu anak-anak melompat dari trotoar dan menyeret kami untuk menyelam mencari bintang laut ungu raksasa. Saya memakai snorkel saya dan masuk ke air. Tiba-tiba saya dikelilingi oleh ikan malaikat yang bersinar. Saya benar-benar terpesona oleh kejernihan air dan deretan kehidupan laut. Karang pelangi dan kedalaman gelap menyebar di dasar laut dan kami tersesat selama berjam-jam di dunia bawah laut.

Perjalanan melalui Flores lebih mudah daripada kerja keras yang panjang dan panas melalui Sumbawa, dengan pemandangan yang berubah dan lereng bukit yang curam memberikan pengalih perhatian dari gundukan mati rasa kami. Kerbau berkubang di lumpur di sepanjang pinggir jalan, dan hutan hujan tumbuh subur saat Anda mendaki lebih tinggi.

Pulau Flores mayoritas beragama Katolik Roma, dan saat matahari terbenam di atas pohon pisang, aroma kamboja tercium ke udara. Jalanan mulai menyala dengan dekorasi Natal, yang membawa kami ke malam saat kami menuju tujuan kami berikutnya, Sumba.

Ketahui sebelum Anda pergi: Prakiraan Surfing Regional Sumbawa

Kami melewati gubuk-gubuk perambahan di jalan-jalan sempit yang membentuk ibu kota. Saat kami menuju barat jalan-jalan berdebu, pasar, dan lalu lintas yang padat dengan cepat berubah menjadi gurun pasir dan kemudian tiba-tiba, tanaman hijau subur diselingi oleh warung dan kios nanas merah muda. Bentangan jalan ini menawarkan pemandangan, pola cuaca, dan budaya yang selalu berubah. Saat kami bepergian dengan sepeda motor kecil kami, kami melihat banyak perubahan: dari Muslim ke Kristen; Dari gudang beton kecil yang kasar hingga rumah kayu tradisional yang tinggi; Mulai dari terik matahari hingga hujan deras.

Foto: Lottie Lewis

Saat meninggalkan jalan utama, kami menabrak trek, parit, dan bekas roda yang tidak terawat yang jelas membutuhkan beberapa ban sepeda motor. Orang-orang tua itu tersenyum kepada kami orang asing melalui mulut menganga merah yang diwarnai oleh daun sirih yang terus-menerus mereka kunyah. Kami melewati sawah yang dipenuhi kawanan kerbau yang sangat banyak. Anak-anak lelaki itu menunggangi kuda-kuda yang cantik, pisau-pisau digantung di ikat pinggang mereka. Rumah-rumah di desa asli naik ke surga, dan penduduk setempat percaya bahwa semakin tinggi atap Anda, semakin dekat Anda dengan Tuhan. Moped memainkan jingle es krim datar turun ke trek, memasok permen murah untuk anak-anak di desa-desa terpencil. Petani padi membungkuk di atas tanaman mereka.

READ  Indonesia dan China mulai mempelajari perluasan Hoosh ke Surabaya

Terkait: Bepergian melalui Asia Tenggara dengan Doran Martin

Perjalanan panjang kami melalui Bali, Lombok, Sumbawa dan Flores membawa kami ke pulau yang jarang dilalui. Menjelajahi Sumba seperti mengembara di negeri yang tertinggal oleh waktu, tanpa niat untuk mengabadikannya. Kami menuruni jalur kecil yang berkelok-kelok melewati hutan lebat. Sepeda kecil kami yang terpercaya berderak di sepanjang jalur kosong dengan banyak perbaikan bocornya, berakhir di pantai berpasir yang dipenuhi perahu warna-warni dan dikelilingi oleh ombak yang bergelombang dan kosong.

Foto: Lottie Lewis

Kami mendayung sendirian hampir sepanjang hari tanpa melihat satu turis pun sepanjang perjalanan kami di sekitar pulau. Bahkan tanpa fasilitas Barat atau akses mudah, pengunjung dihadiahi tempat yang tenang, wilayah yang belum dipetakan, dan penduduk lokal yang penasaran.

Setelah dua bulan di sepeda kecil kami, keberuntungan kami menyusul kami di perjalanan kami kembali ke Bali. Cuaca membatalkan beberapa feri dan kami mencoba untuk mengejar feri berikutnya sehingga kami tidak akan ketinggalan penerbangan kami. Kami dilanda badai dan tidak punya apa-apa untuk dimakan Bakso (Sup bakso Indonesia), dan tertidur di penyeberangan laut yang kasar. Kami menderita poli perut, terbakar sinar matahari, harus menyuap polisi… pada satu titik saya mendapati diri saya didorong ke rumah sakit setempat dengan infus. Tapi kita tidak bisa menodai kenangan kita yang luar biasa: pulau-pulau yang hidup, dunia dalam teknologi, orang-orang dengan hati yang besar dan senyum lebar, malam yang hangat penuh dengan nyanyian jangkrik, pagi yang bermandikan sinar matahari berdebu, matahari terbenam yang membuat semua matahari terbenam menjadi malu…

Sempurna, titik menguliti oleh lumba-lumba bungkuk dan elang laut yang menyelam. Bepergian dengan moped ke lima pulau sama sekali tidak santai. Tetapi mengambil rute yang lebih lambat benar-benar memungkinkan kami untuk minum di surga murni dan budaya yang kaya dari setiap tempat yang kami lewati.